Jumat, 30 November 2012

fungsi separator


SEPARATIOR

Fungsi Separator
            Sepataor adalah suatu peesawat yang dipergunakan untuk membesihkan/memisahkan minyak,baik bhan bakar atau minyak lumas dari kotoran baik yang berupa cairan ataupun kotoran – kotoran padat dengan jalan memberikan gaya sentrifugal kepada campuran yang berbeda-beda berat jenisnya.
            Bahan bakar juga minyak lumas sebelum masuk ke motor diesel terlebih dahulu dibersihkan terlebih dahulu dibersihkan dari segala kotoran, agar tidak mengganggu jalanya motor.
            Separator yang hanya memisahkan minyak bersih dari lumpur dan kotoran  disebut dengan clarifier.
            Separator yang menggambarkan pemisahan minyak bersih selain dari lumpur,kotoran juga air .jenis ini disebut dengan purifier.
            Ada tiga cara membersihkan minyak yaitu:
§  Mengendapkan bahan bakar dalam tanki endap (settling tank) untuk waktu tertentu.
§  Melalui saringan kasar maupun halus sampai denga 10 micron.
§  Dengan menggunakan separator.
Yang umum dipergunakan ialah tanki pengendapan . Di dalam tanki terdapat campuran- campuran air,minyak dan kotoran –kotoran,maka akan terjadi mpenatan dari pada gaya tarikan bumi,sesuai dengan berat jenisnya masing – masing. Dibagian bawah akan terkumpul kotoran – kotoran yang padat,selanjutnya air dan paling teas ialah minyaknya. Sedangkan cara melalui saringan tidak menjamin kebersihan yang tidak dikehendaki. Karena kotoran sekecilpun masih bisa lolos yang dapat merusak bagian dari motor,misalnya bantalan-bantalan. Untuk mmempercepat pemisahan ini ,maka diambil cara yang lain. Pada setiap zat terdapat seebuah gaya,yang sesuai dengan massanya serta kecepatanya. Bila gayanya hendak diperbesar,maka cukup bila hanya percepatanya saja yang diperbesar,dan hal ini hanya mungkin dengan mempergunakan percepatan kearah titik pusat.Gaya  sentrifugal  yang bekerja pada zat tersebut adalah;
      C=m x v2/r  Kg                                     K=m.g,             a=v2/r
C=tenaga sentrifugal                    r=jarak zat ke poros,m
m=massa zat                                 g=percepatan berat  9,81 m/s2
v=kecwpatan m/sec                      a=percepatan sentrifugal  m/s3
k=daya zat  m/s.2
V dapat diperbesar dengan menanbah putaranya,menurut
                        V=2. Π.r.n        m/s
                               60
N=utaran per menit
Jadi bila sebuah bejana yang berisikan air,kotoran dan minyak diputarkan, maka akibat gaya sentrifugal yang bekerja pada masing – masing zat tersebut, akan terjadi pemisahan antera air,minyak dan kotoran-kotoranya. Dengan cara demikian, maka pemisahan minyak dari kotoran-kotoranya dapat dipercepat. Sedangkan minyaknya sendiri  dapat dialirkan dan ditampung secara terus menerus. Pemasukan minyak dimasukan dibagian tengah-tengah bejana. Di dalam bejana akan erbentuk suatu bidang pembatasan X-X antara air dan minyaknya.
Berat jenis air . H1=Berat jenis minyak . H2

Ini berarti bahwa sesuatu lapis tebal minyak tertentu,akan mengadakan keseimbangan dangan sebuah lapis air yang lebih tipis, dan tergantung dari pada berat jenis juga. Gaya yang menyebabkan adanya pemisahan ini ,akan lebih besar nilainya dari pada gaya yang dibangkitkan  oleh gaya tarik bumi.
      Pada saat ini kapal- kapal banyak digunakan separator yang dibuat oleh de Laval. Prinsipnya sebagai berikut:
Di dalam pessawat ini,cairanya dibagi-bagi dalam lapisan – lapisan yang sam tebalnya. Hal ini dapat terjadi karena  penggunaan plat-plat tipis yang berbentuk kerucut ,yang ditempatkan di dalam sebuah tromol  yang berputar cepat sekali. Di dalam plat-plat initerdapat lubang – lubang yang tepat dudukanya stu degan yang lainya. Minyak yang telah bersih dialirkan keatas .akibat gaya sentrifugal, maka zat-zat yang lebih berat akan terlempar lebih jauh dari titik pusatnya. Minyak yang telah dibersihkan akan mengalir keatas dibagian atas plat-platnya yang berbentuk kerucut,sedangkan air dan kotoran lainya mengalir ke atas di bagian bawahnya.
     Dengan memisahkan zat-zat yang lebih berat dengan cara tersebut diatas,maka tidak mungkin  lagi  akan terjadi pencampuran antara minyak yang telah dibersihkan dengan kotoran-kotoranya. Jadi cara pemisahanya terjadi antara kerucut –kerucut tersebut ,sedangkan sisa-sisanya akan berkumpul diruangan di luar kerucut-kerucutnya.
    Untuk mengatur selisih dari berat jenis air yang tetap ,dengan minyak yang bervariasi  dari 0,82 sampai 0,87,tersedia cicin gravitasi yang dapat diganti ganti,sehingga terjadi keseimbangan lagi.  

1 komentar:

  1. web dan isi artikel yang baik sangat bermanfaat trimakasih, salam kenal
    PT INDIRA DWI MITRA - Fabrikasi Boiler dan Jual sprepart Boiler
    Jual sprepart industry, Fabrikasi Boiler di indonesia, Kontraktor, Jual Boiler , atau Thermal Oil Heater untuk pemanas Crude Palm Oil pada kapal tanker dan Boiler untuk keperluan Industri lainya. Kami juga menyediakan segala jenis spare part boiler meliputi Pump oil KSB, KSB ETANORM SYT, Singel RPH ,Burner FBR, RIELLO, BALTUR, Ecoflame, Waishupt, Valve, Thermo Couple, Pressure switch, Gas train dll.
    https://www.jualboiler.com/product/jual-gas-burner-baltur-btg/

    BalasHapus