SISTIM CONTROL
1. Apa yang dimaksud dengan :
a. Open Loop
Control System
b. Close
Loop Control System
c. Positive
Feed Back
d.
Negative Feed Back
Jawab :
a. Open Loop Control System adalah sistim dimana aksi pengaturan
(input) sendiri tidak tergantung oleh keluaran (output_ dari prosesnya .
b. Close Loop Control System adalah sistim dimana aksi pengaturan
tergantung dari keluaran (out put).
c. Positife Feet Back adalah Suatu
kegiatan operasi yang cenderung membesar selisih harga yang diminta.
d. Negatife Feet Back
adalah Suatu kegiatan operasi yang cenderung memperkecil selisih harga
yang di minta
2. a. Jelaskan tujuan utama sistim kontrol !
b. Jelaskan 4
kegiatan penting dalam proses kontrol otomatis !
Jawab :
a. Tujuan utama system kontrol adalah agar supaya harga atau nilai yang
dihasilkan oleh setiap proses dari setiap system dapat dipertahankan.
b. Proses penting dalam kontrol otomatis adalah :
§
Memindahkan pada saat bongkar muat.
§
Menghemat ongkos pemeliharaan
§
Pemeliharaan muatan bisa lebih baik
§ Merasionalkan pikiran dan
perbuatan manusia
3. Gambarkan sebuah system kontrol
pengaturan tinggi permukaan cairan dalam tangki agar selalu terkendali secara
otomatis, jelaskan prinsip kerjanya dan gambarkan diagram bloknya !
Jawab :
a. Diagram pengatur tinggi permukaan cairan
4. Jelaskan keuntugan dan kelemahan jenis kontrol
berikut :
a. Pneumatic.
b. Electric
c. Hydrulic
Jawab :
a. Pneumatic.
§
Keuntugannya adalah :
1)
Bila terjadi kebocoran tidak berbahaya.
2)
Sistim murah/ekonomis karena agin/udara tidak dibeli.
3)
Tidak menimbulkan panas, karena itu tidak memerlukan ventilasi
4)
Tidak terpengaruh dengan timbulnya perubahan tegangan listrik dikapal.
§
Kelemahannya adalah :
1)
Apabila kompressor macet maka pengontrolan otomatis tidak berfungsi.
2)
Pada saat pressure switch macet bahaya bahaya ledakan tabung bisa
terjadi dengan adanya tekanan udara yang terlalu tinggi.
b. Electric
§
Keuntungannya adalah :
1)
Bagian-bagian yang bergerak sangat sedikit, sehingga keausan dapat
ditekan
2)
Memerlukan daya yang kecil
3)
Tidak memerlukan ruangan yang besar
4)
Responnya cepat.
§
Kelemahannya adalah :
Sangat terpengaruh dengan
adanya perubahan tekanan secara tiba-tiba diatas kapal.
c.Hydrulic
§
Keuntungannya adalah :
1)
Pengontrolannya mudah dan responnya cukup cepat
2)
Menghasilkan tenaga yang besar
3)
Dapat langsung menghasilkan gerakn rotasi dan ttranslasi.
4)
Kelemahannya adalah :
5)
Memerlukan ruangan yang besar.
5. Apa keuntungn dan kerugiannya manual control dengan
automatic control ? Sebutkan dan jelaskan masing-masing !
Jawab :
a
Manual Control
§
Keunungan manual kontrol adalah :
1)
Tenaga kerja diatas kapal bisa lebih banyak
2)
Pengeporasiannya berdasarkan apa yang diinginkan oleh operator
3)
Perawatan lebih sederhana.
§
Kerugian manual kontrol adalah :
1)
Ketelitian operasi tergantung dari kewaspadaan operatornya.
2)
Kemungkinan kesalahan dalam pengontrolan lebih besar.
b
Automatic Control
§
Keuntungan automatic control adalah :
1)
Meningkatkan kondisi kerja dari pengeperasian manual menjadi
pengeperasian automat seperti shoot blowing boiler, cleaning furifier.
2)
Meningkatkan penghematan yang disebabkan oleh lebih efesiennya
penggunaan tenaga terutama petugas jaga.
3)
Meningkatkan daya guna kapal yang disebabkan oleh adanya peningkatan
pengoperasian dan pemeliharaan.
4)
Meningkatnya penghematan anggaran pemeliharaan, dikarenakan peningkatan
efisiensi permesinan.
5)
Meningkatkan penghematan biaya bahan bakar karena disebabkan
peningkatan efisiensi kerja mesin.
6)
Aspek keselamatan dan lingkungan dapat tercapai.
§
Kerugian automatic kontrol adalah :
1)
Perawatan system automatic lebih rumit disbanding system manual.
2)
System automatic sangat peka terhadap perubahan tegangan secara
tiba-tiba diatas kapal.
6. Pada dasarnya system control dibagi dalam 2
(dua) kelas. Sebutkan dan jelaskan masing-masing !
Jawab :
System control dikelaskan 2 macam
yaitu :
a. Cara manual
Adalah
pengoperasian dijalankan oleh tenaga manusia
b. Cara auotmat
§
Menurut pegontrolan system ada 2 yaitu :
1) Open Loop Control System
2) Close Loop Control System
§
Menurut sumber penggeraknya system otomat terdiri dari :
1) Cara Pneomtic
2) Cara Electronic/Listrik
3) Cara hydroulic
4) Cara Mekanic
§
Menurut hasil keluaran proses yaitu :
1) Servomekanisme
2) Requlator otomatic
§
Menurut waktu pengendalian yaitu :
1) Pengendalian kontinyu (analog)
2) Pengendalian digital
(diskontinyu, diskrit)
3) Pengendalian kontinyu meliputi
propersional, hitegral, diporensial, dan PID pengontrolan digital ON-OFF posisi
ganda dan flooting.
soal no.3 mana jawabannya? (gambarnya)
BalasHapusGambarkan salah satu sistem pengendalian tekanan di atas kapal dan prinsip jelaskan
Hapus