Selasa, 27 November 2012

SOAL UJIAN ATT III SISTIM CONTROL


SISTIM CONTROL


1.  Apa yang dimaksud dengan :
a.  Open Loop Control System
b.  Close Loop Control System
c.   Positive Feed Back
d.    Negative Feed Back
Jawab :
a. Open Loop Control System adalah sistim dimana aksi pengaturan (input) sendiri tidak tergantung oleh keluaran (output_ dari prosesnya .
b.  Close Loop Control System adalah sistim dimana aksi pengaturan tergantung dari keluaran (out put).
c.  Positife Feet Back adalah Suatu kegiatan operasi yang cenderung membesar selisih  harga yang diminta.
d. Negatife Feet Back adalah  Suatu kegiatan operasi yang cenderung memperkecil selisih harga yang di minta

2.  a.  Jelaskan tujuan utama sistim kontrol !
b.  Jelaskan 4 kegiatan penting dalam proses kontrol otomatis !
Jawab :
a. Tujuan utama system kontrol adalah agar supaya harga atau nilai yang dihasilkan oleh setiap proses dari setiap system dapat dipertahankan.
b. Proses penting dalam kontrol otomatis adalah :
§  Memindahkan pada saat bongkar muat.
§  Menghemat ongkos pemeliharaan
§  Pemeliharaan muatan bisa lebih baik
§  Merasionalkan pikiran dan perbuatan manusia

3.   Gambarkan sebuah system kontrol pengaturan tinggi permukaan cairan dalam tangki agar selalu terkendali secara otomatis, jelaskan prinsip kerjanya dan gambarkan diagram bloknya !
Jawab :
a. Diagram pengatur tinggi permukaan cairan

  4. Jelaskan keuntugan dan kelemahan jenis kontrol berikut :
a. Pneumatic.
b. Electric
c.  Hydrulic
Jawab :
a.      Pneumatic.
§  Keuntugannya adalah :
1)       Bila terjadi kebocoran tidak berbahaya.
2)       Sistim murah/ekonomis karena agin/udara tidak dibeli.
3)       Tidak menimbulkan panas, karena itu tidak memerlukan ventilasi
4)       Tidak terpengaruh dengan timbulnya perubahan tegangan listrik dikapal.
§  Kelemahannya adalah :
1)       Apabila kompressor macet maka pengontrolan otomatis tidak berfungsi.
2)       Pada saat pressure switch macet bahaya bahaya ledakan tabung bisa terjadi dengan adanya tekanan udara yang terlalu tinggi.

b. Electric
§  Keuntungannya adalah :
1)       Bagian-bagian yang bergerak sangat sedikit, sehingga keausan dapat ditekan
2)       Memerlukan daya yang kecil
3)       Tidak memerlukan ruangan yang besar
4)       Responnya cepat.
§  Kelemahannya adalah :
Sangat terpengaruh dengan adanya perubahan tekanan secara tiba-tiba diatas kapal.

c.Hydrulic
§  Keuntungannya adalah :
1)       Pengontrolannya mudah dan responnya cukup cepat
2)       Menghasilkan tenaga yang besar
3)       Dapat langsung menghasilkan gerakn rotasi dan ttranslasi.
4)       Kelemahannya adalah :
5)       Memerlukan ruangan yang besar.

5. Apa keuntungn dan kerugiannya manual control dengan automatic control ? Sebutkan dan jelaskan masing-masing !
Jawab :
a         Manual Control
§  Keunungan manual kontrol adalah :
1)       Tenaga kerja diatas kapal bisa lebih banyak
2)       Pengeporasiannya berdasarkan apa yang diinginkan oleh operator
3)       Perawatan lebih sederhana.
§  Kerugian manual kontrol adalah :
1)       Ketelitian operasi tergantung dari kewaspadaan operatornya.
2)       Kemungkinan kesalahan dalam pengontrolan lebih besar.

b         Automatic Control
§  Keuntungan automatic control adalah :
1) Meningkatkan kondisi kerja dari pengeperasian manual menjadi pengeperasian automat seperti shoot blowing boiler, cleaning furifier.
2) Meningkatkan penghematan yang disebabkan oleh lebih efesiennya penggunaan tenaga terutama petugas jaga.
3) Meningkatkan daya guna kapal yang disebabkan oleh adanya peningkatan pengoperasian dan pemeliharaan.
4) Meningkatnya penghematan anggaran pemeliharaan, dikarenakan peningkatan efisiensi permesinan.
5) Meningkatkan penghematan biaya bahan bakar karena disebabkan peningkatan efisiensi kerja mesin.
6) Aspek keselamatan dan lingkungan dapat tercapai.
§  Kerugian automatic kontrol adalah :
1) Perawatan system automatic lebih rumit disbanding system manual.
2) System automatic sangat peka terhadap perubahan tegangan secara tiba-tiba diatas kapal.

6.  Pada dasarnya system control dibagi dalam 2 (dua) kelas. Sebutkan dan jelaskan masing-masing !
Jawab :
System control dikelaskan 2 macam yaitu :
a. Cara manual
Adalah pengoperasian dijalankan oleh tenaga manusia

b.  Cara auotmat
§  Menurut pegontrolan system ada 2 yaitu :
1) Open Loop Control System
2) Close Loop Control System
§  Menurut sumber penggeraknya system otomat terdiri dari :
1) Cara Pneomtic
2) Cara Electronic/Listrik
3) Cara hydroulic
4) Cara Mekanic
§  Menurut hasil keluaran proses yaitu :
1) Servomekanisme
2) Requlator otomatic
§  Menurut waktu pengendalian yaitu :
1) Pengendalian kontinyu (analog)
2) Pengendalian digital (diskontinyu, diskrit)
3) Pengendalian kontinyu meliputi propersional, hitegral, diporensial, dan PID pengontrolan digital ON-OFF posisi ganda dan flooting.

2 komentar:

  1. soal no.3 mana jawabannya? (gambarnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambarkan salah satu sistem pengendalian tekanan di atas kapal dan prinsip jelaskan

      Hapus