DINAS JAGA Pasca Prala ATTIII
1. Bagaimana cara mempersiapkan mesin kapal, apabila kapal
akan olah gerak meninggalkan
pelabuhan didaerah dingin.
Jawab :
Cara mengeperasikan mesin kapal pada saat berolah gerak didaerah dingin
adalah;
a.
Pastikan bahwa tekanan minayak pelumas pada cuaca dingin, tekanan harus
sedikit lebih tinggi selama 30 menit
setelah menjalan.
b.
Air pendingin harus dikurangi.
c.
Pastikan bahwa semua
bagian-bagian mesin berjalan lancar
d.
Pastikan bahwa kemiringan dan getaran oleh kerja mesin konstan dan
rendah.
e.
Periksa kondisi pembuangan dengan alat penguji atau katup indicator
f.
Pastikan bahwa asap pembuangan hampir tak berwarna dan suhu disetiap
silinder sama
g.
Pastikan bahwa silinder
didinginkan seragam
h.
Periksa kondisi kerja katup penyemprotan bahan bakar
i.
Setelah memastikan bahwa mesin
berjalan lancar mesin beransur-ansur dibebani dan perlu pengawasan khusus
j.
Penyimpan udara start harus diisi udara dimampatkan sebelum menyalakan
mesin.
2. Untuk pencegahan lingkungan dalam pencemaran, maka
sebagai seorang dines jaga, bagaimana menjalankan hal tersebut.
Jawab :
Cara menjalankan pencegahan
pencemaran lingkungan adalah :
a.
Mencegah terjadinya tum-pahan minyak
b.
Mencegah kebocoran-kebocoran
pada pipa
c.
Mencegah penumpukan alat-alat yg
tidak diperlukan
d.
Mencegah pembuangan sampah plastik kelaut.
3. sebutkan urutan - urutan didalam
melaksanakan tugas jaga yang benar di mesin ?
Jawab :
Melaksanakan tugas jaga mesin :
a.
Perwira tugas jaga
mesin harus menjamin bahwa pengaturan tugas jaga yang telah ditetapkan tetap
dipertahankan.
b.
Harus terus
bertanggung jawab atas pengeporasian kamar mesin meskipun ada KKM. dan hal ini
harus saling dimengerti oleh kedua belah pihak.
c.
Semua anggota tugas
jaga mesin harus mengenal tugas masing-masing.
d.
dn lain-lain.
4. sebutkan urutan – urutan
melaksanakan tugas jaga mesin didalam kondisi dan daerah yang berbeda, untuk :
a.
Jarak tampak batas.
b. Perairan dekat pantai/perairan yang padat lalu lintas.
c. Kapal berlabuh jangkar.
Jawab :
a.a
Jarak tampak terbatas :
Perwira tugas jaga mesin harus
menjamin bahwa tekanan udara permanen atau tekanan uap selalu tersedia untuk
keperluan semboyan bunyi, dan bahwa perinta-perintah yang dating dari anjungan
yang berkaitan dengan perubahan kecepatan mesin selalu dilaksanakan secepatnya.
Selain itu juga, motor Bantu yang digunakan untuk olah gerak selalu siap.
a.b
Perairan dekat pantai / perairan yang padat lalu lintas :
Perwira tugas jaga mesin harus
menjamin bahwa seluruh permesinan yang terlibat dalam pelaksanaan olah gerak
dapat secepatnya dipindahkan kepengoperasian manual jika diberi tahu bahwa
kapal berada dipelabuhan padat lalu lintas. Dan harus menjamin bahwa cadangan
tenga yang cukup telah siap untuk keperluan olah gerak atau keperluan kemudi.
Kemudi darurat dan peralatan Bantu lain harus siap untuk pegoperasian mendadak.
a.c
Kapal berlabu jangkar :
Jika kapal berlabuh jangkar
diperairan terbuka, perwira jaga mesin harus menjamin bahwa :
1)
Suatu tugas jaga mesin yang efesien selalu dilaksanakan.
2)
Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin
penggerak dan mesin cadangan.
3)
Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetapi siap siaga sesuai dengan
perintah dari anjungan.
4)
Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut oleh kapal terus dilakukan,
dan bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu di -patuhi.
5)
Semua sistem pengen-dalian kebakaran dan pemadaman selalu siap.
5. Sebutkan urutan - urutan me-ngambil alih tugas jaga mesin
?
Jawab :
Urutan-urutan mengambil alih tugas jaga mesin ialah Perwira pengganti
harus diberitahu oleh perwira yang diganti tentang :
a.
Perwira-perwira harian
b.
Sifat-sifat semua pekerjaan pada mesin dan system diatas kapal.
c. Mengetahui cara-cara peng-gunaan atau
pembuangan isi tangki-tangki, seperti tanki ballast, tanki kotoran dan
lain-lain.
d. Setiap situasi yang penting untuk
keselamatan kapal, awak kapal, muatan, dan pencegahan pencemaran.dll
DTPK – DES- 2002 DINES JAGA
1. Apa yang harus dilakukan pada saat
dines jaga, berikan beberapa prosedur dan aturan pada saat melakukan dines jaga ?
Jawab :
a.
Yang harus dilakukan
saat dines jaga ialah :
a.
Melakukn pengawasan
terhadap jalannya permesinan.
b.
Melakukan suatu
tindakan bila dalam pengawasan tersebut ditemukan suatu harga/nilai kondisi
yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.
b.
Beberapa prosedur dan
aturan pada saat melakukan dines jaga :
a.
Peraturan dines jaga
b.
Pembagian tugas jaga
c.
Prinsip yang harus
diperhatikan dalam melaksanakan tugas jaga mesin.
d.
Syarat-syarat
penggantian tugas jaga
e.
Melaksanakan tugas jaga
mesin.
2. Apa yang dimaksud dengan peraturan dinas jaga, dan
sebutkan beberapa contoh bagian-bagian dari dinas jaga ?
Jawab :
Peraturan dines jaga ialah : suatu peraturan yang sudah
ditetapkan diatas kapal baik di deck maupun di mesin yang harus dipatuhi oleh
semua crew diatas kapal.
Contoh bagian-bagian dines jaga :
a.
Jaga laut
b.
Jaga pelabuhan/jaga
khusus
c.
Jaga darurat/jaga
emergency
3. Sebutkn bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan
pada saat dines jaga !
Jawab :
Bagian-bagian yang perlu diperhatikan pada saat dines jaga :
a.
Memeriksa temperatur
pada saat pesawat sedang beroperasi.
b.
Tekanan tekanan pada
mesin yang sedang beroperasi.
4. Berikan beberapa contoh fungsi dari dines jaga !
Jawab :
Fungsi dari dines jaga :
a.
Untuk mengetahui
kondisi atau keadaan pada suatu pesawat yang beroperasi baik di deck maupun di
mesin.
b.
Untuk mengantisifasi kejadian-kejadian yang
tidak diinginkan.
5. Apabila sedang dines jaga pelabuhan didaerah dingin dan
kapal akan berangkat. Bagaimana cara mempersiapkan mesin kapal untuk olah gerak
?
Jawab :
a. Pertama-tama yang perlu diperhatikan : mencek botol
angin/tekanannya paling minimum 25 kg.
b. Mencek mesin kemudi harus dalam keadaan normal, temperature
LO (lub oil).
c. Air pendingin, karena menggunakan oli mesin SAE 50/20 W/Oil
ini dapat digunakan segala macam mesin.
d. Mesin sekoci penolong menggunakan bahan bakar dengan titik
nyala 43 ºC atau 110ºF.
e. Menggunakan HSD/bahan bakar ringan yang mudah terbakar.
f.
Jika menggunakan
minyak MDO 1 jam sebelum olah gerak bahan bakar harus dipanaskan terlebih
dahulu dengan menggunakan heater.
DTPK 05-2003 DINES
JAGA
1.Kapal mau Bungker,
Anda selaku P.J.M.K tindakan apa saja yang harus dilakukan.
Jawab
:
Selaku P.J.M.K tindakan yg harus
dilakukan pada saat akan mau bunker adalah :
a. OOW di beritahu
b. Mengibarkan bendera B /
memperlihatkan lampu merah
c. Menyumbat lubang kemarau.
d. Memasang rambu - rambu dilarang
merokok
e. Menyiapkan bahan-bahan pembersih
dan pelarut
f.
Periksa slang sambungan
g. Kemunikasi kepada kapal bunker
h. Buka katup-katup tangki yg mau diisi.
i.
Lakukan pengisian tanki-tanki.
j.
Setelah tanki - tanki penuh maka
tutup semua katup-katup pengisian.
2. Sebutkan apa yang harus diisi di buku harian mesin ( Log
Book ).
Jawab
:
Yang harus diisi pada buku harian mesin adalah :
a.
Temperatur-temperatur permesinan dan tekanan-tekanan.
b.
Laporan main tenance
c.
Pemakaian bahan bakar
d.
Pemakaian minyak lumas
e.
Slip proprller
3. Sebutkan tugas-tugas perwira jaga mesin kapal selama anda
bertugas jaga kamar mesin sewaktu kapal sedang berlayar.
Jawab
:
Tugas-tugas perwira jaga mesin sewaktu kapal sedang berlayar adalah :
a.
Perwira tugas jaga mesin harus harus menjamin bahwa pengaturan tugas
jaga yg telah ditetapkan diper-tahankan.
b.
Bertanggung jawab atas
pengoperasian kamar mesin meskipun ada KKM.
c.
Setiap mesin yg tidak berfungsi
dgn baik, yg diperkirakan akan tidak berfungsi atau memerlukan service khusus.
d.
Harus selalu siap untuk mengoperasikan peralatan dikamar mesin untuk
dapat segerah melakukan peru-bahan haluan dan kecepatan.
e.
Setiap perintah dari anjungan
harus segerah dilaksanakan.dll.
4. Sebutkan tugas dan tanggung jawab :
a.
Chief Engineer.
b.
1st Engineer.
c.
2nd
Engineer.
d.
3rd Engineer.
Jawab :
a.
Chief Engineer
Tugasnya :
mengatur semua crew dan perwira mesin. Tanggung jawabnya : atas semua peralatan
yang ada dikamar mesin dan semua crew di engine departemen.
b.
1st Engineer
Tugasnya :
mengepalai crew /perwira mesin dan bertanggung jawab terhadap mesin induk.
c.
2nd Engineer
Bertugas
untuk mengatur oiler dan bertanggung jawab terhadap permesinan Bantu.
d.
3rd Engineer
Bertugas
untuk mengatur oilr dan mandor mesin dan bertnggung jawab terhadap semua
pompa-pompa yg ada siatas kapal termasuk winck dan mesin jangkar dan
kompressor.
5. Jelaskan apa yang harus disiapkan oleh perwira jaga mesin (MASINIS JAGA ) setelah menerima order (perintah) O.H.N.
Jawab :
Persiapan yg harus dilakukan setelah ONH adalah :
a.
Menyiapkan electric power untuk manouver yaitu menjalankan generator
untuk
b.
Menambah power jika diperlukan.
c.
Menjalankan pompa oil standby
(saat manouver)
d.
Mengisi botol angin sampai pada
tekanan masimum.
e.
Persiapkan buku manouver.
f.
Membuka kran udara kemesin
induk.
g.
Mengadakan test telegraph dengan anjungan.
h.
Mengsingkronkan jam kamar mesin dan anjungan
i.
Membuka angin suling ke anjungan.
j.
Memberi power pada panel winch mooring dan wind last
DTPK
– 01-2004 DAN 03-04 DINES JAGA
1.Bila
saudara sedang dines jaga laut, Saudara mendengar ada yang tak beres di Mesin
Induk. Apa yang saudara laksanakan ?
Jawab :
Menginformasikan kepada KKM, dan
langsung mengecek satu persatu bagian mana yang ada bunyi lain dan menganalisa
apa penyebab bunyi tersebut dan dari mana berasal bunyi tersebut, dan apabila
akan berakibat patal maka mesin dihentikan atau distop baru dilakukan perbaikan
atau repair.
2.
Pada saat saudara bertugas jaga, salah satu lampu acang dipapan penghubung
induk mati. Apakah penyebab lampu tersebut mati dan langkah selanjutnya yang
saudara lakukan ?
Jawab :
Mengecek dan menganalisa apa
penyebab lampu tersebut mati, apabila bolamnya mati atau tidaknya bolan tersebut
tidak putus, langsung kita cek darimana lampu tersebut diberikan sikyal apakah
oil pressure atau pemantau lain. Terus kita cek benda yang memberikan sinyal
dan langsung mengambil tindakan dan membuat program kerja.
3.
Kapal saudara berada di Eropa (Bremen) instalasi penggerak utamanya adalah
turbin uap.langkah-langkah apa yang harus saudara lakukan untuk menyiapkan mesi
penggerak utama tersebut, saat hendak bertolak (berolah gerak) jelaskan.
Jawab
:
Langkah-langkah yg harus dilakukan untuk menyiapkan mesin penggerak
utam untuk berolah gerak dengan menggunakan turbin uap adalah ;
a.
Putar turbin motor dgn turning gear sambil STBY L.O pump on ± 10 menit.
b.
Tuning gear off
c.
Blow down steam dalam pipa-pipa uap supaya turbin panas
d.
Main steam v/v dan manouver v/v
dibuka sedikit
e.
Main sirculating pump dari steam kondensor on
f.
Main condensate pump on secara putaran bertahap untuk pemanasan turbin.
g.
Injecktor on agar kondensor pakum a head dan astern manovering v/v
dibuka sedikit untuk kelancaran dan tutup kembali.
h.
L.O pump on untuk sirkulasi
pelumasan keseluruh system.
i.
Periksa kelancaran main stop v/v dari boiler dan kelancaran throttling
v/v kesistem bila berfungsi baik tutup kembali.
j.
Nikan pakum compressor
k.
Periksa fungsi safety thefices turbin.
l.
Turbin strart ready.
4. Dalam serah terima jaga laut selamah
pelayaran, hal-hal apa yang wajip disampaikan kepada pengganti? Jelaskan
pendapat saudara sesuai peraturan yang berlaku!
Jawab
:
Serah terima jaga laut selamah pelayaran, hal-hal yang wajip
disampaikan kepada pengganti adalah :
a.
Permesinan yg sedang beroperasi.
b.
Permesinan/peralatan yg sedang
diperbaiki atau tidak berfungsi.
c.
Perubahan jenis pengoperasian
(otomatis menjadi manual atau sebaliknya).
d.
Kelainan yg teramati.
e.
Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.
f.
Kondisi buangan air got, limbah
lain yg perlu ditangani.
5. Tugas jaga di kapal ada 2 (dua)
tugas, yaitu selama pelayaran dan selama dipelabuhan. Hal- hal apa saja yang
saudara lakukan berkaitan dengan pencegahan pencemaran di laut dalam 2(dua)
tugas yang dimaksut
Jawab
:
Hal-hal yg harus dilakukan dengn pencegahan pencemaran dilaut adalah :
a.
tumpahan minyak
b.
kebocoran-kebocoran pada pipa
c.
penumpukan alat-alat yg tidak diperlukan
d.
pembuangan sampah plastik kelaut
DTPK 12-03 DINAS JAGA
1. Bagaimana seorang dinas jaga menjalankan perlindungan
lingkungan laut (perotektion of merine environment).
Jawab
:
Cara menjalankan pencegahan pencemaran lingkungan adalah :
a.
Mencegah terjadinya tum-pahan minyak
b.
Mencegah kebocoran-kebocoran pada pipa
c.
Mencegah penumpukan alat-alat yg
tidak diperlukan
d.
Mencegah pembuangan sampah plastik kelaut
2. Bagaimana melakukan serah terima tugas jaga yang benar
sesuai STCW, 78 Amandemen 95.
Jawab:
Cara melakukan serah terima tugas jaga sesuai dengan SCTW,78 adalah
melaporkan hal-hal sbb :
a.
permesinan yg telah beroperasi
b.
permesinan/peralatan yg sedang
diperbaiki atau tidak berfungsi.
c.
Perubahan jenis pengoperasian
(otomatis menjadi manual atau sebaliknya)
d.
Kelainan yg teramati.
e.
Jumlah bahan bakar dan minyak lumas yg terpakai dan sisanya.
f.
Kondisi buangan air got, limbah lain yg perlu ditangani.dll
3. Jelaskan tugas dan tanggung jawab perwira jaga saat kapal
berlabuh.
Jawab
:
a. Tugas perwira jaga pada saat
kapal berlabuh adalah :
1)
Suatu tugas jaga mesin yg efesien selalu dilaksanakan
2)
Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin
penggerak dan mesin cadangan.
3)
Mesin induk dan motor Bantu
dijaga tetap siap siaga sesuai dgn perintah dari anjungan.
4)
Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut terus dilakukan, dan
bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu dipatuhi.
5)
Semua system pengendalian kebakaran dan pemadaman selalu siap.
b. Tanggung jawab perwira jaga pada
saat kapal berlabu adalah untuk keselamatan secara efesien pengoperasian dan
pemeliharaan mesin yang mempengaruhi keselamatan kapal, dan dan juga
bertanggung jawab dalam pemeriksaan, pengoperasian dan pengujian seluruh
peralatan serta permesinan.
c.
DPKP 2002-130502-95
DINES JAGA
1.Uraikan
persiapan yang dilakukan pada One Hour Notice (OHN), baik pada kapal mau
berangkat maupun kapal tiba !
Jawab :
Persiapan
yg harus dilakukan setelah ONH adalah :
a
Menyiapkan electric power untuk manouver yaitu menjalankan generator
untuk menambah power jika diperlukan.
b
Menjalankan pompa oil standby (saat manouver)
c
Mengisi botol angin sampai pada tekanan masimum.
d
Persiapkan buku manouver.
e
Membuka kran udara kemesin induk.
f
Mengadakan test telegraph dengan anjungan.
g
Mengsingkronkan jam kamar mesin
dan anjungan
h
Membuka angin suling ke anjungan.
i
Memberi power pada panel winch mooring dan wind last
2. Sebutkan 3 sistem penjagaan didalam kondisi dan
daerah-daerah yg berbeda. Jelaskan ketiga kondisi tersebut !
Jawab
:
Tiga sistem penjagaan didalam kondisi dan daerah yg berbeda adalah :
a
Jarak tampak terbatas :
Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa tekanan udara permanen
atau tekanan uap selalu tersedia untuk keperluan semboyan bunyi, dan bahwa
perinta-perintah yang dating dari anjungan yang berkaitan dengan perubahan
kecepatan mesin selalu dilaksanakan secepatnya. Selain itu juga, motor Bantu
yang digunakan untuk olah gerak selalu siap.
b
Perairan dekat pantai / perairan yang padat lalu lintas :
Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa seluruh permesinan yang
terlibat dalam pelaksanaan olah gerak dapat secepatnya dipindahkan
kepengoperasian manual jika diberi tahu bahwa kapal berada dipelabuhan padat
lalu lintas. Dan harus menjamin bahwa cadangan tenga yang cukup telah siap
untuk keperluan olah gerak atau keperluan kemudi. Kemudi darurat dan peralatan Bantu
lain harus siap untuk pegoperasian mendadak.
c
Kapal berlabu jangkar :
Jika kapal berlabuh jangkar diperairan terbuka,
perwira jaga mesin harus menjamin bahwa :
1)
Suatu tugas jaga mesin yang efesien selalu dilaksanakan.
2)
Pemeriksaan secara berkala
selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak dan mesin cadangan.
3)
Mesin induk dan motor Bantu
dijaga tetapi siap siaga sesuai dengan perintah dari anjungan.
4)
Langkah-langkah untuk mencegah
pencemaran laut oleh kapal terus dilakukan, dan bahwa peraturan pencegahan
pencemaran selalu di -patuhi.
5)
Semua sistem pengen-dalian
kebakaran dan pemadaman selalu siap
3. Sebutkan peraturan jam jaga laut maupun jaga pelabuhan !
Jawab
:
Peraturan jam jag laut maupun jaga pelabuhan adalah :
§ Pagi hari 08.00 – 12.00 Regu A
§ Malam hari 20.00 – 24.00
§ Siang hari 12.00 – 16.00 Regu B
§ Larut malam 00.00 – 04.00
§ MalamHari 16.00 – 20.00 Regu C
§ Dini hari 04.00 – 08.00
4. a. Jelaskan langkah-langkah yg dilakukan seorang masinis
jaga pada saat serah terimah tugas jaga !
b. Jelaskan tugas-tugas yg harus dilakukan selama
melaksanakan tugas jaga !
Jawab
:
a.
Langkah-langkah yg
dilakukan seorang masinis jaga pada saat serah terimah tugas jaga adalah:
1) permesinan yg telah beroperasi
2) permesinan/peralatan yg sedang
diperbaiki atau tidak berfungsi.
3) Perubahan jenis pengoperasian
(otomatis menjadi manual atau sebaliknya)
4) Kelainan yg teramati.
5) umlah bahan bakar dan minyak
lumas yg terpakai dan sisanya.
6) Kondisi buangan air got, limbah
lain yg perlu ditangani.
b.
Tugas-tugas yg harus
dilakukan selama melaksanakan tugas jaga adalah
1) Melakukn pengawasan terhadap jalannya permesinan.
2) Melakukan suatu tindakan bila dalam pengawasan tersebut
ditemukan suatu harga/nilai kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang kita
harapkan.
Beberapa prosedur dan aturan pada saat
melakukan dines jaga :
1) Peraturan dines jaga
2) Pembagian tugas jaga
3) Prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan tugas
jaga mesin.
4) Syarat-syarat penggantian tugas jaga
5) Melaksanakan tugas jaga mesin.
DTPK 2001 – 080801-95 DINES JAGA
1.
Jelaskan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan jaga mesin
dan prosedur pelaksanaannya ?
Jawab
:
prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan jaga mesin
dan prosedur pelaksanaannya adalah istilah tugas jaga mesin berarti seseorang
atau sekolompok personil tugas jaga, atau perwira yg bertanggung jawab berarti
mewakili KKM, juga bertanggung jawab untuk keselamatan secara efesien
pengoperasian dan pemeliharaan mesin iniyg mempengaruhi keselamatan kapal dan
juga bertanggung jawab dalam pemeriksaan, pegoperasian dan pengujian seluruh
peralatan serta permesinan yg ada dibawah tanggung jawab tugas jaga mesin.
2. Jelaskn Persyaratan minimal sertifikat jaga mesin dan
tanggung jawab perwira mesin sebagai wakil KKM.
Jawab
:
Persyaratan minimal sertifikat jaga mesin dan tanggung jawab perwira
mesin sebagai wakil KKM adalah ;
a.
Untuk memper oleh sertifikat masinis II harus memiliki pengalaman
berlayar tidak kurang dari 12 bulan sebagai perwira mesin.
b.
Telah menyelesaikan pendidikan
dan pelatihan yang telah disetujui, dan memenuhi standar kompetesi yang
ditetapkan dalam section A-III/2 kode STCW.
3. Terangkan dengan singkat pengertian tugas jaga, prosedur
serah terima jaga dan pengenalan masing-masing tugas jaga.
Jawab
:
Tugas jaga ialah ; melihat dengan cermat atau waspada ;
§
Cermat, menyatakan
memberi perhatian penuh dan mengawasi dengan waspada atau menjaga kpal dengan
skema.
§
Awas, berarti
penjagaan dengan terus-menerus dan sangat hati-hati karena suatu alas an atau
tujuan yang pasti terutama untuk melihat dan menghindari bahaya tubrukan.
§
Waspada, menekankan
pada suatu keadaan sangat siaga dan siap untuk bertindak mengatasi apapun yg
akan terjadi.
Presodur serah terima jaga adalah;
§ permesinan yg telah beroperasi
§ permesinan/peralatan yg sedang
diperbaiki atau tidak berfungsi.
§ Perubahan jenis pengoperasian
(otomatis menjadi manual atau sebaliknya)
§ Kelainan yg teramati.
§ Jumlah bahan bakar dan minyak
lumas yg terpakai dan sisanya.
§ Kondisi buangan air got, limbah
lain yg perlu ditangani.dll
Pengenalan masing-masing tugas jaga adalah ;
4. Jelaskan persiapan mesin utama untuk gerak dan tindakan
setelah olah gerak.
Jawab
:
Persiapan yg harus dilakukan setelah ONH adalah :
a.
Menyiapkan electric power untuk manouver yaitu menjalankan generator
untuk menambah power jika diperlukan.
b.
Menjalankan pompa oil standby (saat manouver)
c.
Mengisi botol angin sampai pada tekanan masimum.
d.
Persiapkan buku manouver.
e.
Membuka kran udara kemesin
induk.
f.
Mengadakan test telegraph dengan anjungan.
g.
Mengsingkronkan jam kamar mesin dan anjungan
h.
Membuka angin suling ke anjungan.
i.
Memberi power pada panel winch
mooring dan wind last
5. Sebutkan salah satu contoh tindakan menghadapi keadaan
darurat dan jelaskan tugas jaga mesin selama kapal berlayar dan kapal labuh
jangkar.
Jawab
:
Salah
satu contoh tindakan menghadapi keadaan darurat adalah : awak kapal yg wajib
betindak mengupayakan kapal secara umum tanpa mengabaikan keselamatan jiwa
sendiri.
Tugas-tugas perwira jaga mesin sewaktu kapal sedang berlayar adalah :
a.
Perwira tugas jaga mesin harus harus menjamin bahwa pengaturan tugas
jaga yg telah ditetapkan diper-tahankan.
b.
Bertanggung jawab atas pengoperasian kamar mesin meskipun ada KKM.
c.
Setiap mesin yg tidak berfungsi dgn baik, yg diperkirakan akan tidak
berfungsi atau memerlukan service khusus.
d.
Harus selalu siap untuk
mengoperasikan peralatan dikamar mesin untuk dapat segerah melakukan peru-bahan
haluan dan kecepatan.
e.
Setiap perintah dari anjungan harus segerah dilaksanakan.
Tugas perwira jaga pada saat kapal berlabuh adalah
:
a
Suatu tugas jaga mesin yg efesien selalu dilaksanakan
b
Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin
penggerak dan mesin cadangan.
c
Mesin induk dan motor Bantu dijaga tetap siap siaga sesuai dgn perintah
dari anjungan.
d
Langkah-langkah untuk mencegah pencemaran laut terus dilakukan, dan
bahwa peraturan pencegahan pencemaran selalu dipatuhi.
e
Semua system pengendalian kebakaran dan pemadaman selalu siap.
1. Tuliskan petunjuk2
keselamatan atau tindakan keamanan di
kamar mesin
Jawab :
Pipa-pipa &
sambungan Yg berada dilokasi berbahaya,mempunyai suhu panas tinggi harus diberi
tanda yg jelas
Didalam kamar
mesin harus memakai pelindung telinga
Jika terjadi
kebocoran minyak harus segera diperbaiki
Got kamar mesin
harus selalu kering & bersih
Jika menggunakan
solven / larutan kimia pembersih, harus dilakukan menurut petunjuk pembuatnya
Suku cadang, bahan
yg dipakai, alat-alat kerja disimpan & dijaga kebersihannya
Dalam operasi
pemindahan minyak, harus diperhatikan agar tdk tumpah
2. Tuliskan keuntungan
& Kerugian Crude Oil Washing (COW)
Jawab :
Keuntungan nya :
Mengurangi polusi
dengan mengurangi pembersihan tanki
Mengurangi jumlah
air pd muatan (karna pembersihannya tdk menggunakan air laut)
Menambahkan jumlah
muatan yg dpt dibongkar
Menambah jumlah
muatan yg dpt dimuat
Mengurangi laju
korosi dari tanki muat (Pembersihannya tdk menggunakan air laut)
Menambah waktu
untuk perbaikan selama kapal berlayar
Pengerukan
endapan2 dlm tanki dgn tenaga manusia berkurang
Mengurangi waktu
dan biaya untuk pembersihan tanki
Kerugian COW :
Menambah waktu
untuk membongkar muatan
Menambah beban
kerja di pelabuhan bongkar
3. Apa yg di maksud
dibawah ini :
a
Tanki Slop
b
Dasar Ganda
c
Dasar Ballast
Jawab :
a. Tanki Slop adalah :
Tanki yg dirancang
khusus untuk menampung campuran yg mengandung minyak seperti sisa-sisa pembersihan
tanki bahan bakar,muatan 7 buangan dari pencucian tanki dll
b. Dasar Berganda ialah :
Tanki dasar berganda yg fungsinya untuk mencegah air masuk kebagian dalam
kapal yg disebabkan kapal kandas dll
c. Dasar ballast ialah :
Tanki yg dipersiapkan untuk air ballast dimana tidak digunakan sebagai
muatan minyak dan sistem pompaserta penataan pipanya terpisah dimana tidak ada
campuran minyak dalam ballast sehingga resiko pencemaran tidak ada
4.
a.Jelaskan apa yg dimaksud dgn Inert Gas
b.Tujuan menggunakan Inert Gas
Jawab :
a. Inert Gas adalah:
Gas yg diproduksi oleh Inert Gas generator / main engine. Gas ini
mengandung 4% oxigen dan dialirkan ketanki-tanki muatan pd kapal tanker.
b.Tujuan menggunakan Inert Gas adalah :
Untuk menghindari bahaya-bahaya kebakaran dan ledakan pada tanki-tanki muat
kapal tanker.
5. Jelaskan hal-hal yg
perlu diperhatikan untuk mencegah pencemaran selama proses Load On Top (LOT).
Jawab :
kadar air dalam
slop tank minimal Selama pencucian tanki, air bekas pencucian dipompa kedalam
slop tank pada pengendalian proses Load On Top dilakukan untuk beberapa hari
agar minyak dan air berpisah.Slop tank dibiarkan beberapa hari,lalu dari slop
tank dipompa sampai odm menemukan campuran air dan minyak sehingga ODM menghentikan
pompa.Lalu tanki dibiarkan selama beberapa hari,lakukan kembali kegiatan
berulang-ulang sampai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar