ISM
CODE
1. Apa yg melatar belakangi adanya ketentuan international yg biasa
disebut ISM Code
Jawab :
Yang me;atar belakangi adanya ISM Code
adalah :
a. kecelakaan kapal terjadi oleh
kesalahan manusia sebesar 80 %.
b. dari kesalahan manusia tadi, sebanyak
75 % disebabkan oleh sistim manajemen yg buruk
c. untuk itu harus dibuat sistim
manajemen yg mampu menciptakan kerja sama yg baik dan erat antara manajemen
kapal dan manajemen darat.
2. Apa tujuan dari ISM Code
Jawab :
Tujuan
ISM Code adalah untuk menjamin keselamatan dilaut, mencegah kecelakaan dan
hilangnya jiwa manusia serta menghindari kerusakan lingkungan khususnya lingkungan
laut dan serta hilangnya harta benda.
3. jelaskan tanggung jawab dan wewenang nachoda dalam ISM Code
Jawab :
a. melaksanakan kebijakan
perusahaan dalam hal keselamatan dan lindungan lingkungan
b.
memotivasi para ABK dalam menjalankan kebijakan dimaksud
c.
mengeluarkan perintah2 dan instruksi2 yg tepat, jelas dan sederhana
d.
memeriksa bahwa persyaratan2 tersebut diatas dilaksanakan
e.
meninjau pelaksanaan SMS dan melaporkan kekurangan2 pada manajemen didarat.
Penjelasan :
- nakhoda bertanggung jawab untuk
penelaahan / pengkajian kembali dari SMS kapal untuk meyakinkan efektifitas dan
apakah masih sesuai. Pengkajian harus dilakukan secara berkala minimal setahun
sekali.
- keputusan dan recomendasi sebagai
hasil pengkajian kembali ini harus diserahkan keperusahaan untuk dievaluasi,
dan nakhoda tidak boleh menunda waktu pelaporan keperusahaan perihal karena
kemungkinan membuat modifikasi.
4.
sertifikat yg diserahkan ke perusahaan
dan kapal sehubungan dengan ISM Code adalah :
a. D.O.C. (Documen Of Compliance) ialah document yg dikeluarkan oleh
pemerintah atau badan independent untuk sebuah perusahaan pelayaran yg telah
memenuhi persyaratan ISM Code.
b. S.M.C (Safety Managemen Certificate) ialah document yg dikeluarkan
oleh pemerintah atau badan independent untuk sebuah kapal (atau kapal-kapal)
bila perusahaan dan kapal tersebut telah memenuhi persyaratan.
5.
sebutkan tahapan-tahapan yg dilakukan sebelum mendapatkan sertifikat yg
berkaitan dengan ISM Code ;
Jawab :
a. Tahapan pelatihan yaitu tahapan dimana orang2 yg terlibat dalam
penyusunan manual / prosedur keselamatan. Diberi pelatihan dan pengetahuan yg
menyeluruh tentang apa yg dilakukan selanjutnya.
b. Tahapan dokumentasi yaitu penyusunan buku2 manual, prosedur dan
instruksi kerja serta pengendalian arsip (level I, II, III, & IV).
6. Apa yg dimaksud dengan :
a. Administration.
b. Designation Person a
Shore.
c. Hazardous Occurance.
d. Minor NC dan Major NC.
Jawab :
a. Administration adalah pemerintah dari Negara dimana kapal
didaftarkan yg diberi tugas untuk mengawasi pelaksanaan tentang keselamatan
pelayaran.
b. Designated Person a Shore adalah orang darat yg ditunjuk yg
memiliki hubungan langsung ke pimpinan manajemen tertinggi yg bertanggung jawab
dan memiliki kewenangan dalam hal pengawasan terhadap keselamatan dan polusi
dari operasi kapal dan memberikan jaminan bahwa pasilitas yang diperlukan dapat
dipenuhi.
c. Hazardous Occurances adalah keadaan dimana dapat mengarah pada
suatu kecelakaan apabila keadaan tersebut berlanjut.
d. Minor Non-Confirmity adalah penyimpangan yg didefinisikan dapat
ancaman tidak serius terhadap personil atau keselamatan kapal atau berisiko
terhadap lingkungan dan diberi tindakan perbaikan serta tenggang waktu.
Major Non-Confirmity
ialah penyimpangan yg serius yg dapat mengancam personil atau keselamatan kapal
dan berisiko tinggi bagi lingkungan serta memerlukan tindakan perbaikan yg
mendesak sebagai tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar