Rabu, 12 Desember 2012

BANGUNAN KAPAL


BANGUNAN KAPAL



-          Jenis2 Kemudi:
1.      Biasa:plat tugal&ganda.
2.      Berimbang:semi(20%&80%),penuh(30%&70%)
3.      Paten : Oertz,simplek.
-             Syarat Kemudi SOLAS 1974:
1. Ada kmudi utama & bantu yg ckup kuat.
2. Kec.max kpal dpt          dkmudikan
3.simpanagaan 00-350S-00-350P-00:28 dtk 
4. Mndur max tdk rusak.
5. jk dgn listrik,hrs ada 2 smber listrik  trpisah ddddddgn pnghbung alih lstrik.
6.hrs da tmpat kmudi ke-2 jk Ѳ claga >9” utk kpal pnumpang,>14” kpal brang.
-      Tes Kemudi:
1.smpangan 0-35-0-35-0,28 dtk.
2. K.bantu 0-20-0-20-0,60 dtk.
3. kec min 7 knot
4. tdk bcor,ckup mnyak lumas.
-        Ukuran mmanjang,melintang,vertical kapal.
1. LOA : ttk trdpan-trblakang // lunas.
2. LBP : Gris tgak dpan-gris tgak blakang // lunas.
3. LOWL : gris air dpan-gris air blakang(kmudi)//lunas.
4. EB: trluas S-P,lmbung trbesar // lunas.
5.MB: trdlam S-P lmbung trbesar// lunas.
5. Ton B:wilah kringat dlm S-P,lmbung trbsar// lunas.
6. Sarat/draf:trendah_gris air
7. Freeboard;gris air-deck line.
8.Depth:terndah-dekline.
-         Grostonase/BRT:isi kpal-isi ruangan utk kamanan(DB,fore/afterpeak TK,galley,selter deck.bridge,office,ruangan ksong biatas KM)
-         Netton/NRT:BRT-isi ruangan tdk utk muatan(kmar2,WC,R.jankar,R>peta,gudangserang,KM)
-         Isi tolak/Displacement:brat zat cair yg dpindahkankpl
-         DWT/Bobot mati: displacemen-kpl ksong&invens tetap.
-         Cargo DWT : brat muatan yg dngkut kpl itu.
-         Kpl ksong/light displacement:brat kpal ksong+invens tetap.
-         Manfaat kpl dkelaskan:
1. pmbyaran premi kcil
2. mudah cri ABK
3. mndpt mnimum freeboat shgadya angkut mjd bsar
4. mmperbsar kpercyaancstumer shga muatan bnyak
-         Tgas Biro Klasifikasi:
1. Mngelaskan kpal2
2.Mmbri tanda lmbung tmbul
3.Mngeluarkan srtifikat gris muat kpl
-         Nma bro klasifikas:
1. Biroklsasifikasi Indonesia(BKI)jkarta.
2.Lloyd’s Register of Shipping(LR)London.
3.Bureau Verietas(BV)paris
4. Germanisher Lloyd(GL)berlin
5.Registro Italiano Navale(RI)genoa
6.Nippon Taikako Kaiji Kyokai(NK)Tokyo
-         Guna Pimsoll Mark: mmbatasi sarat msx kpl dmi kamanan dg mmpunyai dya apung cdangan yg ckup.
-         Man Hole Elip(P24”L18”),ligkran Ѳ22”,jmlh min 2,ltak sdut mnyudut.
-         2sistim konstruksi kpl:
1.mlintang:wrang mlintang,SKA,blok gladak,gading2.
2.mmbujur: wrang mmbujur,lunas tgak&dtar,lmpeng smping,plat kpas,plat siku,side girder,klit kpal.
-         Batas DB:SKA,Klit dsar kpl,lmpeng smping,plat tk top.
-         Wrang:krangka mlintang/mbujur dlam BD hgga mbntuk TK2(dsar sluler)
-         wrang ttutup:pda pmsah TK,cairan sjnis 1 wrang,bda jnis 2 wrang.
-         wrang trbuka:tmpat tdk prlu perkuatan.
-         wrang pnuh:
           1.dibwah gding KM,krsi ktel,SKA.
           2.stiap gding ¼ LO ,dgan jrak tdk lbih 10 kki,tmpat prlu prkuatan.
-         fungsi wrang:
           1.mbri prkuatan kntuksi.
           2.mbntuk TK yg brisi cairan utk stabilitas.
           3.pnompang bban diatasnya.
           4.mperkcil pngruh prmukaan bbas di DB.
-         fungsi DB:
           1.kpl kndas,bcor air tdk msuk.
           2.tmpat muatan cair.
           3.mgatur stbilitas.
           4.mnabah prkuatan knstruksi.
-         guna lunas smping utk stbilitas,pnjang 30-40% pralel bodi.
-         Guna gading:
           1.mprkuat knstruksi
           2.mnempelnya kulit kpl.
           3.mbntuk bnyuk kpl.
-         Macam2 gding:
           1.gding nol:sbidang cgak kmudi.
           2.gding crmin:blakang cgak kmudi.
           3.gding smpul:spanjang pros bling2.
           3.gding hluan:ddepan skat planggaran.
           4.gding bsar/agung,utama,srang:bntuk bsar.
-         Pnomeran gding:
           1.sbdang tgak:no 0
           2.dpan bdang tgak:1,2,3-
           3.blakang bdang tgak:-1,-2,-3/A,B.C
-         Gding:knstruksi mlintang kpl
-         Gna kulit kpl:
           1.mmperkuat knstruksi.
           2.mnahan tgangan dri luar(ombak,angin dll)
           3.agar kdap air dri smping&bwah.
           4.mnahan tkanan dri dlam(muatan)
-         pmbrian nma klit kpl:
           1.dri plat pgapit lunas:ljur A,b,c.
           2.dri blakang ke dpan:no 1,2,3/sbliknya
-         klit kpl yg dpirtbal:
           1.lbang2,alup jngkar,pntu,jndeladi lnbung
           2.tgah kpl ±0,4LOA,0,2 dpan&blakang cnter line
           3.ljur bingkai&smping
-         Plat ksus:Oxter plat,stealer plat,Bos,coffin,shoes plat
-         Smbungan:las&kling
-         Cra mnyambung:
           1.kmpuh/seam:tmpat smbungan plat scra mmbujur,ujung yg stu mnindih ujung yg lain.
           2.Dampil/Butt:tmpat smbungan plat scra mlintang,ujung yg stu mnindih ujuny yg lain.
-         Untung rugi las&kling:
LAS
KELING
Lbih rigan
Brat 10-20%
Kuat,kdap
Krang kuat,krang kdap
Hmbatan hmbatan kcil,cpat
Hmbatan habatan bsar,lmbat
Bebas gtran,tnang
Bising
Knstruksi sderhana,cpat
Rumit,wktu lma
Biaya murah
Mahal
Krang bik dbwah 10F
Baik shu dgin
Dpat diperbaiki dbwah air
Hrus naik dock

Fungsi SKA:
1.mmbagi kpl atas kmpartemen2.
2.mmpertinggi kslamatan.
3.memperkuat knstuksi.
4.mlokalisir kbakaran
Jmlah SKA:
1.trgntung ltak KM:
a.KM tgah min 4
b.KM blakang min 3
2.trgntung pjng kpl:mkin pnjang mkin bnyakk.
SKA ktentuan SOLAS 74:
1.1Skat planggaran(collision bulhead)
    -kpl brang:5% LBP linggi dpan
    -kpl pnumpang:5%LBP = 10 kaki
2.1 SKA blakang(after peak bulk head)
3.1 SKA pda tiap2 ujung KM
Fungsi skat planggaran:agar air tdk masuk ke kmpartenmen2 jk kpl bcor dri dpan.
Jnis PKA& lokasinya:
1.brengsel/klas I(higed warter tigh door):di gladak ttik trendah 7 kaki diatas sub division load line(SDL)
2.Didrong  tgan(gliding wid)/klas II:SDL-7 kaki diatasnya.
3.Didrong mesin/klas III :smbrang.
Syarat PKA:
1.buka/ttup dri kedua sisi skat.
2.buka/ttup pd mring 150 knan/kri.
3.pntu hrus trttup slama playaran kcuali ada kpentingan pkerjaan.
4.jk pntu dilayani dri tmpat lain,hrus da indikator.
5.jk tdk da indikator,hrus da pralatan utuk mmrintah kbah.
Fungsi PKA:agar air tdk msuk jk ruangan sblah banjir.
Pralatan kmarau/lnsa/got:
1.pompa
2.pipa
3.ktak pmbagi/distribusion blok
4.saringan/rose box.
Fungsi kemarau:utk mompa air yg tdk brguna sprti kringat,air got.
Perbedaan ballast& lensa:
ballast
lensa
Isap &isi
Hnya isap
Tdk non return v/v
Non return v/v
Ujung pipi trompet
Ujung pipa bulat
Tdk saringan
Pke saringan
Ujung di DB,TK muatan
Ujung di got KM,palka.

Guna tbung pros bling2:agar pros bling2 brada dlm ruangan kdap air &tmpat lwatnya pros bling2.
Sebab trowongan pros bling2ltak tdk smetris:
1.utk prawtan/prbaikan,orang ckup disblahnya.
2.Agar ruangan muatan tdk sma bsar,muatan kcil di yg kcil,bsar pda yg bsar.
Bow Truster:propler dpat brputar 2 arah dpasang di tgah trowongan haluan scra mlintangyg krjanya mnghisp/tkanjmlh air yg bsar tk sndar/lpas dermaga.
Jnis dock:
1.dock kolam/graving dock
2.dok apung/floating dock
3.dok tarik/slip way
4.dok syncrolift.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar