BANGUNAN
KAPAL
-         
Jenis2
Kemudi:
1.     
Biasa:plat tugal&ganda.
2.     
Berimbang:semi(20%&80%),penuh(30%&70%)
3.     
Paten : Oertz,simplek.
-            
Syarat
Kemudi SOLAS 1974:
1. Ada kmudi
utama & bantu yg ckup kuat.
2. Kec.max kpal
dpt          dkmudikan
3.simpanagaan 00-350S-00-350P-00:28
dtk  
4. Mndur max tdk rusak.
5. jk dgn listrik,hrs ada 2 smber listrik  trpisah ddddddgn pnghbung alih lstrik.
6.hrs da tmpat kmudi ke-2 jk Ѳ claga >9” utk
kpal pnumpang,>14” kpal brang.
-     
Tes Kemudi:
1.smpangan
0-35-0-35-0,28 dtk.
2.
K.bantu 0-20-0-20-0,60 dtk.
3.
kec min 7 knot
4.
tdk bcor,ckup mnyak lumas.
-        Ukuran
mmanjang,melintang,vertical kapal.
1. LOA : ttk trdpan-trblakang // lunas.
2. LBP : Gris tgak dpan-gris tgak
blakang // lunas.
3. LOWL : gris air dpan-gris air
blakang(kmudi)//lunas.
4. EB: trluas S-P,lmbung trbesar //
lunas.
5.MB: trdlam S-P lmbung trbesar// lunas.
5.
Ton B:wilah kringat dlm S-P,lmbung
trbsar// lunas.
6.
Sarat/draf:trendah_gris air
7. Freeboard;gris air-deck line.
8.Depth:terndah-dekline.
-         Grostonase/BRT:isi
kpal-isi ruangan utk kamanan(DB,fore/afterpeak TK,galley,selter
deck.bridge,office,ruangan ksong biatas KM)
-         Netton/NRT:BRT-isi
ruangan tdk utk muatan(kmar2,WC,R.jankar,R>peta,gudangserang,KM)
-         Isi
tolak/Displacement:brat zat cair yg
dpindahkankpl
-         DWT/Bobot mati:
displacemen-kpl ksong&invens tetap.
-         Cargo DWT : brat muatan yg dngkut kpl
itu.
-         Kpl ksong/light
displacement:brat kpal ksong+invens tetap.
-          Manfaat kpl
dkelaskan:
1.
pmbyaran premi kcil
2.
mudah cri ABK
3.
mndpt mnimum freeboat shgadya angkut mjd bsar
4.
mmperbsar kpercyaancstumer shga muatan bnyak
-         Tgas Biro Klasifikasi:
1. Mngelaskan kpal2
2.Mmbri tanda lmbung tmbul
3.Mngeluarkan srtifikat gris muat kpl
-         Nma bro klasifikas:
1. Biroklsasifikasi Indonesia(BKI)jkarta.
2.Lloyd’s Register of Shipping(LR)London.
3.Bureau Verietas(BV)paris
4. Germanisher Lloyd(GL)berlin
5.Registro Italiano Navale(RI)genoa
6.Nippon Taikako Kaiji Kyokai(NK)Tokyo
-         Guna Pimsoll Mark: mmbatasi
sarat msx kpl dmi kamanan dg mmpunyai dya apung cdangan
yg ckup.
-         Man
Hole Elip(P24”L18”),ligkran Ѳ22”,jmlh min 2,ltak sdut mnyudut.
-         2sistim konstruksi kpl:
1.mlintang:wrang mlintang,SKA,blok
gladak,gading2.
2.mmbujur: wrang mmbujur,lunas
tgak&dtar,lmpeng smping,plat kpas,plat siku,side girder,klit kpal.
-         Batas DB:SKA,Klit dsar
kpl,lmpeng smping,plat tk top.
-         Wrang:krangka mlintang/mbujur dlam BD hgga mbntuk TK2(dsar
sluler)
- 
       wrang
ttutup:pda pmsah TK,cairan sjnis 1 wrang,bda jnis 2 wrang.
-         wrang trbuka:tmpat tdk prlu perkuatan.
-         wrang pnuh:
           1.dibwah
gding KM,krsi ktel,SKA.
           2.stiap
gding ¼ LO ,dgan jrak tdk lbih 10 kki,tmpat prlu prkuatan.
-         fungsi wrang:
           1.mbri
prkuatan kntuksi.
           2.mbntuk
TK yg brisi cairan utk stabilitas.
           3.pnompang
bban diatasnya.
           4.mperkcil
pngruh prmukaan bbas di DB.
-         fungsi DB:
           1.kpl
kndas,bcor air tdk msuk.
           2.tmpat
muatan cair.
           3.mgatur
stbilitas.
           4.mnabah
prkuatan knstruksi.
-         guna lunas smping utk stbilitas,pnjang 30-40% pralel
bodi.
-         Guna gading:
           1.mprkuat
knstruksi
           2.mnempelnya
kulit kpl.
           3.mbntuk
bnyuk kpl.
-         Macam2 gding:
           1.gding
nol:sbidang cgak kmudi.
           2.gding
crmin:blakang cgak kmudi.
           3.gding
smpul:spanjang pros bling2.
           3.gding
hluan:ddepan skat planggaran.
           4.gding
bsar/agung,utama,srang:bntuk bsar.
-         Pnomeran gding:
           1.sbdang
tgak:no 0
           2.dpan
bdang tgak:1,2,3-
           3.blakang
bdang tgak:-1,-2,-3/A,B.C
-         Gding:knstruksi mlintang kpl
-         Gna kulit kpl:
           1.mmperkuat
knstruksi.
           2.mnahan
tgangan dri luar(ombak,angin dll)
           3.agar
kdap air dri smping&bwah.
           4.mnahan
tkanan dri dlam(muatan)
-         pmbrian nma klit kpl:
           1.dri
plat pgapit lunas:ljur A,b,c.
           2.dri
blakang ke dpan:no 1,2,3/sbliknya
-         klit kpl yg dpirtbal:
           1.lbang2,alup
jngkar,pntu,jndeladi lnbung
           2.tgah
kpl ±0,4LOA,0,2
dpan&blakang cnter line
           3.ljur
bingkai&smping
-         Plat ksus:Oxter plat,stealer plat,Bos,coffin,shoes
plat
-         Smbungan:las&kling
-         Cra mnyambung:
           1.kmpuh/seam:tmpat
smbungan plat scra mmbujur,ujung yg stu mnindih ujung yg lain.
           2.Dampil/Butt:tmpat
smbungan plat scra mlintang,ujung yg stu mnindih ujuny yg lain.
-         Untung rugi las&kling:
| 
LAS | 
KELING | 
| 
Lbih rigan | 
Brat 10-20% | 
| 
Kuat,kdap | 
Krang kuat,krang kdap | 
| 
Hmbatan hmbatan kcil,cpat | 
Hmbatan habatan bsar,lmbat | 
| 
Bebas gtran,tnang | 
Bising | 
| 
Knstruksi sderhana,cpat | 
Rumit,wktu lma | 
| 
Biaya murah | 
Mahal | 
| 
Krang bik dbwah 10F | 
Baik shu dgin | 
| 
Dpat diperbaiki dbwah air | 
Hrus naik dock | 
Fungsi SKA:
1.mmbagi kpl atas
kmpartemen2.
2.mmpertinggi kslamatan.
3.memperkuat knstuksi.
4.mlokalisir kbakaran 
Jmlah SKA:
1.trgntung ltak KM:
a.KM tgah min 4
b.KM blakang min 3
2.trgntung pjng kpl:mkin
pnjang mkin bnyakk.
SKA ktentuan SOLAS
74:
1.1Skat planggaran(collision
bulhead)
    -kpl brang:5% LBP linggi dpan
    -kpl pnumpang:5%LBP = 10 kaki
2.1 SKA blakang(after peak
bulk head)
3.1 SKA pda tiap2 ujung KM
Fungsi skat
planggaran:agar
air tdk masuk ke kmpartenmen2 jk kpl bcor dri dpan.
Jnis PKA&
lokasinya:
1.brengsel/klas I(higed
warter tigh door):di gladak ttik trendah 7 kaki diatas sub division load
line(SDL)
2.Didrong  tgan(gliding wid)/klas II:SDL-7 kaki
diatasnya.
3.Didrong mesin/klas III
:smbrang.
Syarat PKA:
1.buka/ttup dri kedua sisi
skat.
2.buka/ttup pd mring 150
knan/kri.
3.pntu hrus trttup slama
playaran kcuali ada kpentingan pkerjaan.
4.jk pntu dilayani dri tmpat
lain,hrus da indikator.
5.jk tdk da indikator,hrus da
pralatan utuk mmrintah kbah.
Fungsi PKA:agar air tdk msuk jk ruangan
sblah banjir.
Pralatan
kmarau/lnsa/got:
1.pompa
2.pipa
3.ktak pmbagi/distribusion
blok
4.saringan/rose box.
Fungsi kemarau:utk mompa air yg tdk brguna
sprti kringat,air got.
Perbedaan
ballast& lensa:
| 
ballast | 
lensa | 
| 
Isap &isi | 
Hnya isap | 
| 
Tdk non return v/v | 
Non return v/v | 
| 
Ujung pipi trompet | 
Ujung pipa bulat | 
| 
Tdk saringan | 
Pke saringan | 
| 
Ujung di DB,TK muatan | 
Ujung di got KM,palka. | 
Guna tbung pros
bling2:agar pros
bling2 brada dlm ruangan kdap air &tmpat lwatnya pros bling2.
Sebab trowongan
pros bling2ltak tdk smetris:
1.utk prawtan/prbaikan,orang
ckup disblahnya.
2.Agar ruangan muatan tdk sma
bsar,muatan kcil di yg kcil,bsar pda yg bsar.
Bow Truster:propler dpat brputar 2 arah
dpasang di tgah trowongan haluan scra mlintangyg krjanya mnghisp/tkanjmlh air
yg bsar tk sndar/lpas dermaga.
Jnis dock:
1.dock kolam/graving dock
2.dok apung/floating dock
3.dok tarik/slip way
4.dok syncrolift.
.jpg)
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar