MARRINE POLUSION
-         
Marpol 73/78
1.     
Oleh mnyak (IOPP)
2.     
Oleh cairan yg brbhya dlm curah (Noxius liquid subtance)
3.     
Oleh zat yg brbhaya dlm kmasan (Harmfull subtances)
4.     
Oleh ktoran (Sewage) / ISPP
5.     
Oleh sampah (Garbage)
6.     
Oleh asap (IAPP)
-         
Persyaratan
Membuang Minyak :
1.     
Kosentrasi < 15 ppm (12 mil) / 30 L (50 mil)
2.     
Kapal Berjalan 
3.     
Diluar spesial area (Laut tngah, Baltik, Laut htam, laut
mrah, terusan Zues,laut Artik, teluk Karibian, Teluk Mexico)
4.     
Dicatat oil record book
-         
Jenis Pemeriksaan /
survey kapal tanker utk IOPP  :
1.     
System pipa & pompa yg trkait dg muatan
2.     
System pemonitoran & pengendalian pmbuangan mnyak
3.     
System COW
-         
Ukuran slop Tank : 3%  kapasitas angkut muatan jika
dilengkapi SBT, mjd 2%
-         
Guna Double skin
(hull): menahan muatan agar tidak keluar saat
tabrakan / bocor
-         
Kapal tangker
bangunan baru : kapal tangki mnyak yg : 
1.      Kontrak pembangunan
ditetapkan 1- 6 -76/
2.      Bila tdk ada kontrak,
peletakkan lunas adl stelah 1- 1 – 82/
3.      Pelepasan kapal secara stlah
1 - 6 - 82 
-         
Dokumen2 yg dbwa
tangker :
1.     
NLS Certifikat
2.     
Buku cata2n muatan
3.     
IOPP sertifikat
4.     
Oil record book
-         
Oil record book di 
tempat trjangkau 2thn
-         
Polusi : masuknya /dmsukannya zat /komponen lain ke dalam laut shngga
kualitasnya turun – ke tingkat trtentu yg mnjdi tdk brfungsi sesuai
peruntukannya
-         
Cara mencegah
polusi :
tidak membuang limbah ke laut
-         
Cara menanggulangi
polusi :
melapor penguasa setmpat & infokan tipe & jmlah bnyak polusi
-         
Guna oil record
book :
mencatat wktu, tmpat kgiatn sprti : pmbuangan got, bunker, bongkar muat mnyak,
pndah muatan, pmbrsihan tangki dll
-         
Isi oil record bok
:
1.     
Isi/buang tolak bara/pmbrsihan tangki2 mnyak 
2.     
Pmbrsihan tangki2 mnyak yg dikosongkan 
3.     
Menampung endapan mnyak 
4.     
Pmbuangan got/bilges
5.     
Pmbakaran mnyak & smpah di incenerator
6.     
Bunker
7.     
Pmndahan BB dr DB ke DB lain
8.     
Jmlah isi bilges tank & Slug tank saat masuk pelabuhan
-         
Guna IGS (Inerts
Gas System) pd tanker : mncgah kbakaran tangki
muatan dg memasukan Inert Gas/Gas bekas ME/boiler ke dlm tanki muatan utk
mendesak gas (O2) keluar 
-         
Guna Oil Discharge
Monitoris (ODM) & Control system (CS) : sist. Pngawasan &
pmantauan buangan air brmnyak dr cucian tangki mnyak, endapan2 tangki muat,
bongkaran balas kotor dll
-         
Fungsi kerja ODM
& CS : 
1.     
Memberikan rekaman kualitas air yg dbngkar dan merekam mnyak
yg keluar dlm L/mil serta jmlah yg trbngkar/ kandungan mnyak dg kec. Pmbngkaran
2.     
Rekaman menunjukkan wktu, tnggl utk penyelidukan &
disimpan 2 thun
-         
Anex 1 marpol 73/78
utk
:
1.     
Smua akn mnggunakan BB minyak
2.     
Utk pencegahan pencmaran oleh mnyak
-         
Kpal2 yg wjib
mgunakan IOPP: 
1.     
Kpal tanker dgn GT >150 ton
2.     
Kpal lain dgn GT >400 ton
-         
Oil tanker: Kpal kusus yg mgankut bhn cair & curahn
-         
Ballast bersih : Ballat yg dianggap bnar2 bersih dri muatan myak
-         
Daerah kusus : daerah laut yg dsyaratkn
utk pncgahan pncemaran oleh myak
-         
Sarana pencgan
pencmaran :
sluge tk, bilge tk, slop tk, waste oil tk,sewage tk
-         
Peralatan pncegahn
pncemaran :
OWS,incenerator,sewage treatment plant, ODM & CS , crud oilwashing (COW)
-         
Segregated ballast
tank:
ballast yg trpisah dri stem BB & muatan
-         
Syarat slop tk : 
1.     
Ltak didpan ruang pompa,kanan,kiri
2.     
Kpasitas 2% kpasitas muatan
-         
R.Book (1) KM
mncatat: 
1.     
Waktu & posisi start&stop buang bilge KM dgn OWS
2.     
Trans BB dri DB ke DB lain
3.     
Saat kerja Incenerator mmbakar myak ktor
4.     
Waktu  star/stop bunker
5.     
Saat trans bilges dri bilge well ke bilge tk,dri sluge tk
& drain tk ke bilges oil tk
6.     
Jmlah isi yg ada di tk2 (bilge, bilge oil, sluge, Drain).
Saat kpal msuk plabuhan
-         
R. Book (2) R.
Muatan mencatat :
1.     
 Bongkar muat muatan
mnyak 
2.     
Pndahan dlm pelayarn/ pelabuhan 
3.     
Pmbukaan/ tutup katup2 yg mnghbngkan tk drat dg tk kpal sblum
& sesudah bongkar/muat
4.     
hsluran pipa muatan & ballast
5.     
Buka /tutup katup2 lmpu kpal slama bngkar muat
6.     
Pngisian ballast ke tk muatan 
7.     
Pmbuangan ballast kcuali ballast brsih
8.     
Pmbuangan air & limbah
9.     
Pmbrsihan bhan2 sisa 
10.  Trans limbah dr tk muat ke tk
slop tk & pmbuangan limbah dr  slop
tk ke darat
11.  Kead. & alsan2 pmbuangan
darurat 
-         
Syarat2 kontruksi
& sarana kpal tk :
1.     
Sarana memadai utk pmbrsihan tk2 muatan 
2.     
Sebuah slop tk /kombnasi dr tk2 endap
3.     
Sarana memadai utk mngasnsur residu2 tolak bara kotor &
air cucian tk dr tk muatn ke tk endap
4.     
Sistem monitoring & pngendalian pmbuangan mnyak
5.     
Pedoman2 intruksi krja, pmliharaan dr prlngkpan/pralatan yg
mlputi sistem pemonitoran & pngendalian pmbuangan mnyak
6.     
Detektor btas lap. Air/ mnyak (Oil Water Interface Detector)
yg efektif
-         
Load on Top
Procedure : pemuatan air tolak bara  dr ballast diatas muatan (dlm) tk muatan yg
dilkukan pd saat tjd keadan darurat 
-         
Fungsi Oil Water
Interface Detector : shngga alat detector batas lap. Air
/mnyak yg efektif
-         
Fungsi : 
1.     
OWS : alat utk memisahkan air buangan yg mgandung myak smpai
kdar 15 ppm
2.     
ODM : alat utk mgawasi air buangan yg mgandung myak dri tk endap (slop tk) 
3.     
Crude oil washing (COW) : pmbersihan tk muatan dri adanya
endapan2 myak/sluge di dsar tk/penguat2horizontal srta bgian2 lain dri konstruksi
tk
4.     
Sluge tk : utk mnampung sisa ktoran mnyak di KM
-         
Pesiapan bunker: 
1.      Smbat sluran air hjan di main
deck,poop deck
2.      Siapkan flas-light jk glap
3.      Siapkan HT utk kmunikasi
4.      Serbuk gergaji,oil
dispersant,sounding tape
-         
Prisipnya civil
liability convertion 1969 mgatur:
1.     
Sggai tgung jwab : pmilik kpal hrus gnti rugi
2.     
Kdaluarsa klaim gnti rugi : 5 thn(survey 30 blan)
3.     
CLS brlaku utk kpal tanker 2000 ton / lbih
-         
Tujuan CLS 1969 : mgatur kwjiban pmilik kpal utk mgansuransikan (gnti rugi oleh pmlik kpal)
&mlai brlaku thn 1975.
.jpg)
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar