Rabu, 12 Desember 2012

MARINE POLUSION


MARRINE POLUSION


-          Marpol 73/78
1.      Oleh mnyak (IOPP)
2.      Oleh cairan yg brbhya dlm curah (Noxius liquid subtance)
3.      Oleh zat yg brbhaya dlm kmasan (Harmfull subtances)
4.      Oleh ktoran (Sewage) / ISPP
5.      Oleh sampah (Garbage)
6.      Oleh asap (IAPP)
-          Persyaratan Membuang Minyak :
1.      Kosentrasi < 15 ppm (12 mil) / 30 L (50 mil)
2.      Kapal Berjalan
3.      Diluar spesial area (Laut tngah, Baltik, Laut htam, laut mrah, terusan Zues,laut Artik, teluk Karibian, Teluk Mexico)
4.      Dicatat oil record book
-          Jenis Pemeriksaan / survey kapal tanker utk IOPP  :
1.      System pipa & pompa yg trkait dg muatan
2.      System pemonitoran & pengendalian pmbuangan mnyak
3.      System COW
-          Ukuran slop Tank : 3%  kapasitas angkut muatan jika dilengkapi SBT, mjd 2%
-          Guna Double skin (hull): menahan muatan agar tidak keluar saat tabrakan / bocor
-          Kapal tangker bangunan baru : kapal tangki mnyak yg :
1.      Kontrak pembangunan ditetapkan 1- 6 -76/
2.      Bila tdk ada kontrak, peletakkan lunas adl stelah 1- 1 – 82/
3.      Pelepasan kapal secara stlah 1 - 6 - 82
-          Dokumen2 yg dbwa tangker :
1.      NLS Certifikat
2.      Buku cata2n muatan
3.      IOPP sertifikat
4.      Oil record book
-          Oil record book di  tempat trjangkau 2thn
-          Polusi : masuknya /dmsukannya zat /komponen lain ke dalam laut shngga kualitasnya turun – ke tingkat trtentu yg mnjdi tdk brfungsi sesuai peruntukannya
-          Cara mencegah polusi : tidak membuang limbah ke laut
-          Cara menanggulangi polusi : melapor penguasa setmpat & infokan tipe & jmlah bnyak polusi
-          Guna oil record book : mencatat wktu, tmpat kgiatn sprti : pmbuangan got, bunker, bongkar muat mnyak, pndah muatan, pmbrsihan tangki dll
-          Isi oil record bok :
1.      Isi/buang tolak bara/pmbrsihan tangki2 mnyak
2.      Pmbrsihan tangki2 mnyak yg dikosongkan
3.      Menampung endapan mnyak
4.      Pmbuangan got/bilges
5.      Pmbakaran mnyak & smpah di incenerator
6.      Bunker
7.      Pmndahan BB dr DB ke DB lain
8.      Jmlah isi bilges tank & Slug tank saat masuk pelabuhan
-          Guna IGS (Inerts Gas System) pd tanker : mncgah kbakaran tangki muatan dg memasukan Inert Gas/Gas bekas ME/boiler ke dlm tanki muatan utk mendesak gas (O2) keluar
-          Guna Oil Discharge Monitoris (ODM) & Control system (CS) : sist. Pngawasan & pmantauan buangan air brmnyak dr cucian tangki mnyak, endapan2 tangki muat, bongkaran balas kotor dll
-          Fungsi kerja ODM & CS :
1.      Memberikan rekaman kualitas air yg dbngkar dan merekam mnyak yg keluar dlm L/mil serta jmlah yg trbngkar/ kandungan mnyak dg kec. Pmbngkaran
2.      Rekaman menunjukkan wktu, tnggl utk penyelidukan & disimpan 2 thun
-          Anex 1 marpol 73/78 utk :
1.      Smua akn mnggunakan BB minyak
2.      Utk pencegahan pencmaran oleh mnyak
-          Kpal2 yg wjib mgunakan IOPP:
1.      Kpal tanker dgn GT >150 ton
2.      Kpal lain dgn GT >400 ton
-          Oil tanker: Kpal kusus yg mgankut bhn cair & curahn
-          Ballast bersih : Ballat yg dianggap bnar2 bersih dri muatan myak
-          Daerah kusus : daerah laut yg dsyaratkn utk pncgahan pncemaran oleh myak
-          Sarana pencgan pencmaran : sluge tk, bilge tk, slop tk, waste oil tk,sewage tk
-          Peralatan pncegahn pncemaran : OWS,incenerator,sewage treatment plant, ODM & CS , crud oilwashing (COW)
-          Segregated ballast tank: ballast yg trpisah dri stem BB & muatan
-          Syarat slop tk :
1.      Ltak didpan ruang pompa,kanan,kiri
2.      Kpasitas 2% kpasitas muatan
-          R.Book (1) KM mncatat:
1.      Waktu & posisi start&stop buang bilge KM dgn OWS
2.      Trans BB dri DB ke DB lain
3.      Saat kerja Incenerator mmbakar myak ktor
4.      Waktu  star/stop bunker
5.      Saat trans bilges dri bilge well ke bilge tk,dri sluge tk & drain tk ke bilges oil tk
6.      Jmlah isi yg ada di tk2 (bilge, bilge oil, sluge, Drain). Saat kpal msuk plabuhan
-          R. Book (2) R. Muatan mencatat :
1.       Bongkar muat muatan mnyak
2.      Pndahan dlm pelayarn/ pelabuhan
3.      Pmbukaan/ tutup katup2 yg mnghbngkan tk drat dg tk kpal sblum & sesudah bongkar/muat
4.      hsluran pipa muatan & ballast
5.      Buka /tutup katup2 lmpu kpal slama bngkar muat
6.      Pngisian ballast ke tk muatan
7.      Pmbuangan ballast kcuali ballast brsih
8.      Pmbuangan air & limbah
9.      Pmbrsihan bhan2 sisa
10.  Trans limbah dr tk muat ke tk slop tk & pmbuangan limbah dr  slop tk ke darat
11.  Kead. & alsan2 pmbuangan darurat
-          Syarat2 kontruksi & sarana kpal tk :
1.      Sarana memadai utk pmbrsihan tk2 muatan
2.      Sebuah slop tk /kombnasi dr tk2 endap
3.      Sarana memadai utk mngasnsur residu2 tolak bara kotor & air cucian tk dr tk muatn ke tk endap
4.      Sistem monitoring & pngendalian pmbuangan mnyak
5.      Pedoman2 intruksi krja, pmliharaan dr prlngkpan/pralatan yg mlputi sistem pemonitoran & pngendalian pmbuangan mnyak
6.      Detektor btas lap. Air/ mnyak (Oil Water Interface Detector) yg efektif
-          Load on Top Procedure : pemuatan air tolak bara  dr ballast diatas muatan (dlm) tk muatan yg dilkukan pd saat tjd keadan darurat
-          Fungsi Oil Water Interface Detector : shngga alat detector batas lap. Air /mnyak yg efektif
-          Fungsi :
1.      OWS : alat utk memisahkan air buangan yg mgandung myak smpai kdar 15 ppm
2.      ODM : alat utk mgawasi air buangan yg mgandung myak dri tk endap (slop tk)
3.      Crude oil washing (COW) : pmbersihan tk muatan dri adanya endapan2 myak/sluge di dsar tk/penguat2horizontal srta bgian2 lain dri konstruksi tk
4.      Sluge tk : utk mnampung sisa ktoran mnyak di KM
-          Pesiapan bunker:
1.      Smbat sluran air hjan di main deck,poop deck
2.      Siapkan flas-light jk glap
3.      Siapkan HT utk kmunikasi
4.      Serbuk gergaji,oil dispersant,sounding tape
-          Prisipnya civil liability convertion 1969 mgatur:
1.      Sggai tgung jwab : pmilik kpal hrus gnti rugi
2.      Kdaluarsa klaim gnti rugi : 5 thn(survey 30 blan)
3.      CLS brlaku utk kpal tanker 2000 ton / lbih
-          Tujuan CLS 1969 : mgatur kwjiban pmilik kpal utk mgansuransikan (gnti rugi oleh pmlik kpal) &mlai brlaku thn 1975.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar