Rabu, 12 Desember 2012

MANAJEMEN PERAWATAN MESIN KAPAL


MANAJEMEN PRAWATN MESIN KAPAL


ªMnajmen prawtan:cra pngturn prawtn/pmelihran kpl dg baik&tratur.
ªPmlihaan normal:prwatn ssuai prosdur&tratur/brkla
ªPmlihaan tk nrmal:prwatn yg tk ssuai prosdur&tk tratur/brkla.
ªPmlihaan korektif:prwtan yg dlakukan mnurut pmantauan lngsung thdp kndisi&prlengkpn.
ªPmlihaan korektif:prawtan yg mmbiarkn mndkati krusakn ttp da tindkan krena prtmbangn evaluasi biaya.
ªpmlihaan brsyarat:prawtan krena utk mndpatkn surat2 kpl ttap laik laut.
ªTnggung jwb prwatan:kwjiban mgenai jngka wktu prwatan yg akan dlakukan scrs periodik mngenai hal2 yg ka dikerjkan.
ªOrganisasi:struktur/bgian2 dr suatu pmbagian tgas&tnggung jwb dlm pekerjaan pnggalangan.
ªProgram krja&pngturanya:bntuk kgiatan yg dlakukkn guna mbrikn pdoman arahan krja yg kn dilkukan shingga pkerjaan dlakukan dgn trarah.
ªPdoman&pmbukuan:kgiatan mgrnai prhitungn,pncatatn&lporanbiaya yg tlah dikluarkan.
ªpmlihaan brencana:pmlihaan yg drencakn ssuai jdwal wktu,jm krja yng tlah dtntukn oleh pmbuar msin(maker) brdsrkn hsil mnitoring,investigasi,inspeksi,ditunjang sku cdng yg ckup.
ªpmlihran insidentil:pmliharan/prbaikn yg dlaksnakan jk sudah trjdi krusakn pd suatu msin/pswt dn hrus sgra dtanggulangi.
ªMnajemen prawtan&prbaikn brtumpu pdprencaan:mlakukan pnjadwalan utk stiap pkrjaan yg akn dlaksnkn.
ªPlksaan pncacatn&plaporan:stiap prencaan krja dicacat dlm bku rencana krja.ditulis jnis pkrjaan,tgl dikrjakn,lmanya,jmlah pkrja dll&dlaporkn ke prusahan.
ªanalisa/ksimpulan:prtimbangan stiap prencaan krja trhdap biaya,ksiapan,kslamtan.
ªPrusan playaran:
•bdan usha/bisnis yg mndpt profil
•scra ekonomis hrs mpu munjang kbutuhanya sndri.
•bisnis utama adlh industri jasa.
•mlibatkan srana angkutn laut.
•tingkat spesialisasiny tnggi.
•sgat trgntung pd jnis pnglaman/ilmu trtntu.
•investasi brnilai tinggi bgi stiap orng yg trlibat.
ªtjuan prawtan:
1.Mncgah trjadinya krusakn.
2.Mperkcil biaya oprasional
3.mningkatkn kslamatan awk kpl,pralatn&muatn
4.agar pngoprasian lncar.
ªfungsi dl mnajemen:
1.plaining:mnentukn srangkaian tndakn utk mcpai suatu hsil yg diinginkn.
2.orgaanising:pngelompkn yg diperlukn ykni pnetpan susunan orgnisasi srta tgsa,fungsi&kdudkn dri stiap unit yg da dlm orgnisasi.
3.actuaating:kgiatan yg prlu dlakukn oleh bwahan utk mlakukan kgiatan2 dlm broganisasi.
4.Controling:mgadkn pnilaian,koresi shigga kgiatan dlaksnakn trarah utk mncapai tujuan.
ªPrisip dasar pkerjaan pmeliharan:
1.kntrol brkala pralatan&msin2 utk mndukung msin bkerja scra optimal&mmperkecil trjadinya krusakan
2.mnjaga kndisi/psawat agar efesian biayanya.
ªPrtimbangan dsar prawtan:
1.kwjiban2 pmilik kpl yg brkaitan dgn kslamtn&klayakn laut kpl.
2.Mjga modal dg cra mperpanjng umur ekonomis kpl&knaikn nilai kpl bkasnya.
3.Mnjag pnampilan kpl shingga srana pngangkutn muatn dg mningatkn kmampuan&efesiensi.
4.Memlihara efesensi dg mmprhatikn pngeluaran2 operasi.
5.Pngaturan2 lingkungan thdp Abk& kmampuanya.
ªHal2 yg dpertimbangkn dlm mlaksakan prawtan:
1.wktu pkerjaan:brlyar/plabuhan
2.pnempatan pkrja pd kahlian msing2
3.pngecekn sku cdang sblum pmbongkran.
4.Jmlah orang yg bkerja dlm pkrjaan.
5.syap msin2/pswat  hrs mpunyai bku jm kerja utk mghindri ksalahan kterlmbatan O/H
ªKuntungan sstim prawtan prencana:
1.mperkcil krusakn&bban krja dri pkerjaan.
2.utk mperoleh pngoprasian kpl yg trtur&mningkatkn kslamatn awk kpl &praturanya.
3.Utk mbantu prwira kp mrencakan &mnentukn kgiatan yg  lbih brati. Mningkatkn kmampuan kpl &mbantu mreka utk mncapai tujuan yg tlah dtentukan manajer oprasional.
4.utk mbri informasi yg dipelukan utk kperluan pndidkan&platihan.
5.utk mperhtikan jnis2 pkerjaan y pling mhal &wktu oprasional yg pling pnting.
6.utk karsipan gmbar,instruksi mterial dsb
7.utk fsilitas pmbrian lbel (sku cdang dsb)
8.utk prencanan fsilitas prawtn&prbaikan.
ªPngaruh prawtan apabila:
1.Prusahan tk mlaksankan perncakan prawtan:
a.tk tercpai pngoprasian kpl yg trtur&pningkatan kslamatan awk kpl&pralatan akan sgat mpengaruhi system administrasinya.
b.mnyulitkn prwira kpl dlm mrencnakn&mnata kgiatan dg baik.
c.Pkerjaan tk dpat dlaksaan scra sistematis7ekonomis.
c.tk dpt mnjamin ksinambungan pkerjaan prawtan.
2.prusaan makai biaya optimum cost utk prawatan:biaya yg dgunakan dpt mgalami kkurangan krena bukan dri biay anggran ttap.
3.Prusahaan mmakai prencanaan yg brlebihan (exes planing) utk prwtan:
a.prushaan dpt mngalami krugian yg tdk trduga dri prencanaan yg brlebihan.
b.pkerjaan kpl tk akan trlaksana dgn smpurna.
ªakibat kwalitas prawtan yg bruk:
1.wktu oprasional mnurun.
2.lmanya wktu oprasional mnurun&akan trgntung dri trsedianya sku cadang&jsa pnunjang.
ªPntingnya pmantauan kndisi utk prencanaan prawtan:
1.mmungkinkan tndkan sgrera utk mncegah krusakan.
2.dpt mnunjukan problem kcil sblum trjadi krusakan.
3,mgurangi pkerjaan prawtn yg tk prlu&kharusan utk mbongkar scra periodik.
ªsistim prwatan home doctor;prawtan&prbaikn dlakukn oleh tehnisi dr drat,tk efesien&byak biaya.digunakan sat phak kpl tdk mpu/msin kusus hrs dr drat.
ªsistem klompok SFI umum:sistim pnomeran kde kearsifikasi dlm mbuat anggran blanja,prhitungan biaya oprasi kpl&instruksi2 yg dibrikn apa yg hrs dilakukan pd wktu prawtan&perbaikan,sku cdang yg dipasng srta lporan teknisi&ekonomi dpt dibri kode mnurut sistem yg ada.
ªKeuntungan mnggunakn kmputer utk mnumjang PMS:
1.pnyiapan&akses informasi utk mdah dcaapai.
2.analisa kinerja fungsi&pngontrolan kndisi dpt dsusun scra luas.
3.prcetakan prmintaan scr atomatis.
4.dpt dikmbangkan hingga progam prawtan trbaru7mliputi bidang ngontolan rawtan lain spt sku cdang,docking angran,prbndinan dll.
ªTSAR:
Dkmbangkn oleh lmbga pnelitian prkpalan norwegia brsma industri prkpalan.TSAR:Yime registring Systematik vedlike hold arkivering and reservedeler ;cttan krja sitematik prawtan,karsipn &sstim sku cdang.ni dkenalkn&digunakn pd  indusstri prkalan&lpas pntai sjk 1971.
ªUpya utk pnghematan biaya bb.
1.mrawat instalsi msin di kpl shg pngoprasian msin dpt brfungsi dg efesien&eknomis.
2.mgganti pralatn yg tk brfungsi dg baik&mgikuti sistim jam krja pd stiap pralatan.
3.mnjaga pngoprasin msin bntu ssuai kbutuhn lstrik di atas kpl.
4.pmeriksan brkala sbuah msin pngrak.
5.mjga pemukan baling2 ttap mlus shigga pitch propeler ttp nrmal.
6.khlusn bdan kpl trutma di bwah gris air hrs ttp trjaga&dperthankn.
ªupya mminimalkn biaya prawtan&prbaikn.
1.smua pnluarn proses pngedockn kpl hrs dlaporkn kemanager armada.
2.biaya hrs dkontrol scra periodik.
3.mgunakn biaya lkwiditas anggran hrs mncerninkn wkru yg tpat bla biaya2 dsetujui&bukn pd wktu biaya dbyarkn.
4.mndata sgla kbutuhn sat prwatan&praikn/pngedockn,mgeluarkn biaya ssuai prsetujuan pmpinan prusahan.
5.mbuat tnda trima/lporan pngeluaran ssuai knyatan yng myangkut sgla pngeluarn slam prawtan.
ªhbunga biaya dg prbain oleh orang kpl:biaya lbih efesien&rlafih bsa murah krena prusahn&phak orang kpl negosiasi biaya yg tk trikat oleh praturan.jk dg orang drat biaya mgikuti atrurn yg brlaku.prushan tk bisa ngosiasi lbih jauh.
ªbdang jsa yg dprlukn prusahn playaran:
1.bdang jsa ansuransi.
2.bdang jsa prbaikn&klsifikasi.
ªYg dprhtikn KKM sblum myusun prawatn&prbaikn kpl:
1.Btas jm krja dr stiap msi/bgian2nya yg dproleh dr bku mnual msing2 msin/alat.
2.drtar survey yg sdh disusun oleh BK.
3.cattan pkrjan prawtn/prbaikn yg dlakukn sblumnya.
4.cattn hsil pmantauan/pngamatn slma dnas jga.
5.instruksi dr kntor pusat/prusahn&BK.
ªTgas&tnggung jwab:
1.Manager armada:mmlihara agar kpl laik laut&klengkn awk kpl&siap brlyar/mnerima muatn&myediakn anggran blan ja utk pmelihaan&prawtwn.
2.Nakhoda:mnjamin klaiklautan kpl,mnjga muatn di kpl&mnjamin prwatan yg dpt dlaksakn ssuai dg rncana&anggran blanja.
3.KKM:mnjaga klancarn oprasional msin2 diatas kpl,thdap crew msin dprtement&mlaporkn semua kgiatan crew msin di KM/sat bkerja diatas deck kprusahan jk dprlukn.
4.Supertendent:
a.mngawsi&mgendalikn prawatan,prbaikn,docking&pngendalian biayanya.
b.Mmantau msa brlakunya srtifikat,srtifikat klass,statutory&mgatur agar kpl slalu mmnuhi prsyartan tsb.
c.Mlayani srvyor dr klass,inspektur pmerintah&indepndent srveyor.
d.mgatur tender utk docking&prencna/pyelengraan docking dg pjbat glangan.
5.Divisi nautik:brtmggung jwab pd smua kgiatan yg brhbungan dg bgian deckdprtement yg dpt dtruskn ke prusahan.
6.Divisi teknik:brtnggung jwag pd smua kgiatan yg brhubungan dg bgian engine dpartmenttruyma pd pnggrak utama&pswat bntu yg dpt ditruskn ke prusahan.
7.manjement aset:pd utk pmblian/pngontrak kpl7dpt mnjual kpl ke psran tgan ke-2/myerhkan ini kpd mnajer armada sbage carter kpl ksong.
8.mnajer armada:mgmbil dri mnajer aset/phak luar brdsarkn suatu kpl ksong&akan mlengkapi kpl iyu dg Abk srta prlengkapanya agr siap laut.
9.Mnajer oprasi:myewa kpl brdsasrkn crter mnrut wktu dr mnajer armada/brdasarkn suatu crter yg cocok mnrut psrn trbuka.
ªTngkatan ktrmplan/pngetahuan sseorang ahli msin kpl:
1.mmnuhi prsyartan utk mmproleh srtifkat sbg ahli msin kpl yg brtnggung jwab.
2.Tlah myeslekn pndidikn&platihn yg tlah dsetujui&mmnuhi standaar kmptensi yg trcntum dlm section A-III/3 kde SCTW
3.Mngetahui sstim kmuniksi intrnal datas kpl.
ªCra pmesann sku cdang(2 cra):
1.prmintan dkrim prusahn dg prosedur mgisi frmulir prmintan/psnan pmblian yg dbuat oleh nakhoda/KKM/mualim 1 dlm slinan 4 rngkap:
•asli ke pmasok.
•slnan ke prusahn
•slinan ke kpl yg dsimpan smentra di file”sdng dipsan”ssudah mnerima sku cdang slnan ini dikrim kprushan.
•slnan arsip kpl.
2.tlegrap/tlex prushan.frmulir psnan/pmblian akn diisi oleh prushan.jk sku cdaang sdah dipake&mncapai titik psana,sgra disiapkn prmintaan nmor kode&mnor sku cdang,jmlahnya.
ªPngwasan sku cdang hal pnyimpann,pnggunan&plaporn:
1.tmpat pnyimpann dpt dlihat scra ksluruhn dg baik.
2.Mdah utk pngambilan&pnyimpanan.
3.Stiap pngambilan sku cdang hrs dicatat di form pnggunan sku cdang.
4.Stp sku cdang yg bru/pmakaian yg dignti hr dilaporkn ke KKm utk lporan ke kntor utk adminisrtasi mtrial.
ªBagian utama yg mggunakn filling kbinet sku cdang mnual:
1.filling kbinet dg laci2.
2.brmcam2 krtu uyk dta teknis/krtu pmakaian,krtu2 psanan pnerima.
3.lbel utk mnandai sku cdang.
4.Code2 utk mnadai sku cdang yg akan dipesan.
ªSbab prmintaan sku cdang tdk trpenuhi:
1.sku cdang mhalshg KKm hrs bnar2 mperhyungkn jnis&jmlah sku cdang yg diminta.
2.Utk mghemat biaya oprasional,sgigga bnyak kuntungan&mgefesienkan sku cdang.
ªPola pmeriksann mnrut aturn BK :
1.jnis2 pmeriksaan di kpl:
a.pmriksan awal/innitial srvey:dlakukan prtma kli kpl sdang dbangun.
b.pmriksaan bulanan.
c.pmriksan thunan/annual srvey:dlakukn tiap thun pd kpl&prlengkanya.
d.pmriksan mdadak.
e.pmrisaan brkala/priodic survey:tiap 30 blan.
f.riksan brklanjutan /cntious srvey.
g.spsial srvey:hbis prbaikn bsar/docking.
h.Isidental survey:hbis kclakan/pngatian kpl/prmsinanya/prubahn nma kpl.
2.Mcam2 pmriksan utk optimal krja msin;
a.pmrisan min bearing,crnk ping bearing,permuan cam shaf&cros head bearing,
b.dflektion crank shaf msin.
c.pmriksan pston,pston ring,pston rod,conneting rod,pston pin,pston pin bearing,stufing box&screpper ring,lner.
d.pngambilan diagram indiktor P max.
e.pmriksan T/C.
f.prikssan cyl head&asesorisnya.
3.pmriksan brjalan:ckup mnsrvey sjmlah kmponen bla sistim pmliharan tlah dstujui BK,mk srvey umum thunan dpt dkurangi njdi:
•survey umum KM.
•Pngujian fungsi2 yg pnting(survey EO yg dsesuekn)
•pngecekn prosdur lporan dlm sistim prawatan brencana.
ªSyarat prpnjangaan spesial priodik survey:
1.Dftar smua sistem/kmponen yg trmsuk dlm rncana.
2.jangka wktu prawatn trtentu.
3.Instruksi2 prawatan.
4.ctatan prawatn yg tlah dlaksnakn.
5.Dta acuan dri kpl sbge kpl bru.
ªbriro klasifikasi(BK):suatu bdan yg brfungsi utk mnsurvey,mngelaskn kpl2,mbri lmbung tmbu7ngeluarkn srtifikat2nya.
ªNma2 BK:
1.lloyd Register of Shipping/LR/london
2.Bureau Verietas/BV/paris
3.Germanisher Lloyd/GL/hamburg,jerman
4.Det Norske Verietas/DNV/oslo,norwegia
5.Registro Italiano Navale/RI/roma
6.Nippon Taikako Kaiji Kyokai/NKK/tokyo
7.American Bureau of Shipping/ABS/new york
8.Registro Argentino/RA/buines aires
9.The Register of United Soviet Soscialist replublic/moskwa
ªknvensi IMO yg brkatan oprasional kpl:
1.SOLAS 74/78/81/83:kslamatn
2.Marpol 73/78:pncemaran
3.SCTW 78/95/02:pngawkan
ªDokumen2 utk claim ansuransi
1.Note of fact&dketahui notaris
2.Statement of fact/brita acra kjadian &krusakan yg brisi  tmpat,tngl,wktu,jnis krusakn,tndakn yg tlah dlakukan.dtndatangani M I/KKM,dkethui Nakoda.
3.LKK(lporam\n kclakan kpl):dbuat M 1?KKM,dketahui nakhoda,dsyahkan syah bndar .
4.foto kopi BHM,BHK,bku olah grak kpl.
ªMadsud&tujuan Docking:
1.mngetahui kndisi teknis knstruksi bngunan dbwah air
2.mrawat kpl agar ttap laik laut.
3.Mbersihkn tmbuhan laut yg mnempel dbadan kpl agr kcepatn kpl tk mnurun.
4.mperpanjang usia pkai kpal.
5.mmenuhi ktentuan&praturn ttg kbersihn kpl diadakn pngedokan/ktentuan pmerintah/BK
ªYg dsuplay st pngedockan:
1.Listrik
2.Air pndingi condensor refrigrator&AC
3.sluran teleon
4.air pmadam kbakran.
5.steam ke sistem AC pd musim dngin.
ªPrtimbangan2 mmlih glangan docking:
1.mslah hrga/cost
2.lma wktu pngrjaan.
3.Kwalitas pnwaran.
4.Kndisi pmbayaran
6.bnyaknya spesifikasi yg dimasukn dlm pnawran.
7.Bnyaknya jnis fasilitas yg dibrikan&knsrkuensinya trhdap biaya.
8.Bgemanakah konsekensi wktu akibat pnyediaan fasilitas tsb.
9.Apakah biaya&wktu yg dtawrkan wjar ssuai bban kerja&kpasitas galangan.
ªPhak2 utama yg trlibat st kpl akan msuk glangan yaitu gneral mangeer yg mmbawahi:
1.Bgian teknik,dsain prancang&oprasional.
2.Bgian ekonomi,pngumpuln sewa unsur biaya.
3.bgian pngawkan,myediakn tnaga krja&statik.
ATAU:
1.prusahan plyaran:mnajer armada&pngawas.
2.phak kpl:nakoda,KKM.mualim.
3.phak glangan:pra prencana,mnager prawtan,para pnghitung biaya.
ªAntisipasi&hal yg trjadi jk pmbuatan spesifikasi tdk baik:
1.Spesifikasi:Dsar kntrak prbaikan kpl antr pmilik kpl dg glangan yg mliputi wktu&biaya.
2.hal yg terjadi jk pmbuatan spesifikasi tk baik: ktrlambatan wktu&pmbahsan biay2 antra  lain;
•Bgi pmlik kpl akan mnimbulkn biaya yg lbih tinggi dri prkiraan smula&wktu akan lbih lma di glangan.
•Bgi glangan akan mngakibatkan pmbatlan pkrjan2 lain yg tlah distujui,mrubah jadwal pmbangunan kpl bru.
ªIsi tender docking&reparasi spesifikasi mliputi:
1.Genaral particuar
2.General condition
3.General service
4.harga standar
5. Uraian pekerjaan yg akn di kerjakan:
a. penawaran/kontrak kerja
b. Membuat jadwal/pengembangan          kerja
c. Pembelian
d.Premanu facture
e.Pembuat tagihan/invoice
ª Langkah2 utama urutan Pengedokan:
1.persiapan oleh perusahaan pelayaran:
a.Membuat proposal kepihak galangan kapal
b. Membuat MOU antar perusahaan kapal dan pihak galangan
c. Catatan tertulis spesifikasi terakhir dalam program perbaikan dan galangan kapal
d. Pengawas datang ke kapal sebelum doking
e.Menyiapkan team work
2. Persiapan dikapal:
a.Pembagian tugas yg akan dilaksanakan oleh perwira yg bertanggung jawab untk melaksakan pekarjaan
b.Merencanakan kegiatan dikapal slama doking termasuk sistem penjagaan
c.Mempersiapkan daftar sertipikat yg akan di perbarui
d.Mempersiapkan/memperhatikan pekerjaan2 yg akn dibatalkan
e.Pralatan dan perlengkapan khusus harus diperhatikan dan di uji
f.Pengecekan suku cadang yg akan dipakai slama doking dan bila tdk cukup sgera mungkin di order ke perusahaan
g.Gambar2 dan intruksi kerja kerja harus tersedia
h.Memberikan tanda pada stiap komponen yg akan dikerjakan oleh pihak galangan
i.Membersihkan dan membebaskan dari gas dan membongkar jika perlu
j.Menyimpan semua barang  yg berharga dan Tool pada ruang yg terkunci
3. Kegiatan diatas kapal saat memasuki galangan dan stelah diatas galangan:
a.Disaat air laut galangan mulai di pompa maka mesin2 bantu dikamr mesin dan msin kemudi,AE dimatikan
b.Menyambung aliran listrik dri galangan ke kapal, sebelum ON 2nd E mencatat angka yg tertera dimeteran listri galangan
c.Menyambung aliran air pendingin ke mesin provision refrigrator dan AC
d.Shore connection untuk line fire fighting slama digalangan
4. Kegiatan diatas kapal saat akan turun dari galangan:
a.Melepaskan semua selang yg tersambung dari galangan ke kapal
b.Menutup smua kran2 di K.M
c.Saat galangan penuh air,kran low seachest dibuka pelan2,kran2 hisap dan outlet dipompa2 air laut dibuka dan diserat disemua pompa2 dan filter seachast
d.Pompa2 S.W di star,smua kru dan pihak galangn priksa kebocoran di line pipa
e.Jika oke genator engine distart, shore connection di off dan swich board di  on
f.Catat meteran aliran listrik dari kapal saat di off
ª Persiapan2 sebelum kapal tiba digalangan:
1.Persiapan diatas kapal:
a.Menbuat rencana kerja yg akan dilaksanakan
b.Membuat rencana pembagian tugas bagi perwira
c.Memeriksa smua suku cadang dan tidak tersedia untuk yg akn dikerjakan segera di order
d.Memberi tanda stiap komponen yg akan dikerjakan
e.Menyimpan pralatan dan barang berharga pada tempat terkunci
f.Mempersiapkan daftar sertifikat yg akan diperpanjang
g.Uji pralatan khusus yg akan dipakai di galangan
h.Membuat rencana cuti ABK yg tdak dibutuhkan tenaganya
2.Persiapan digalangan
a.Menyusun sesuai panjang dan lebar kapal,balok dilantai galangan tempat duduk diatasnya
b.Menenggelamkan flooating dock/mengisi air penuh dan buka pintu dry dock  
c.Diadakan rapat dikantor galangan antara wakil prusahaan dan pihak galangn untuk mendikusikan proyeknya
d.Juga peertemuan wakil peusahaan dan B.K yg akan memeriksa dan memperpanjang sertifikatnya
ª Pemeriksaan mingguan terkait keelamatan,kesehatan,lingkungan hidup:
1.yng berlaitan keselamatan :
a.Latihan skoci buat penolong(boat drill)
b.Latihan pemadam kebakaran(fire drill)
c.Latihan menolong orang jatuh kelaut(man over board)
d.Latihan kemudi darurat
e.Latihan pengoperasian CO2 sistem kepalka dan E.R
2.  yang berkaitan dgn kesehatan:
a.Kebersihan dapur
 b. Kebersihan ruang makan
c.Kebersihan provision room, store kering, dan waktu expaidnya
d.Kebersihan km tidur dan gang2
e.Kebersihan kmr mandi dan WC
3.Yang berkaitan dgn lingkungn hidup
a.Pengetesan incenerator
b.Pengetesan OWS
c.Memeriksaan sewage treatment unit
ª Pgetau& tunu akbat2 kslahan normal dlm hbungan frekuensi gtran msin mrupakan pnentuan asal gtran:
1.ktidaksimbangan ptran bagian2 msin akn  mnimbulkan gtran radial pd frekuensi yg =ptran.
2.pmasngan koupling yg tdk lrus mnimbulkan gtran radialaksial pd frekuensi yg=ptran/dg hsil prkalian putran.
3.Top lher(bent journal)yg bngkok mnimbulkn gtran radial&aksial pd frekuensi yg=putran msin.
4.kslan rol&bntalan pluru(ball bearing)mnimbulkn gtrn radial&aksial tk trtur akibat frekuensi tingi.
5.Gtran dpt diukur shingga hsil prpindahn amplitudo dlm mcron.
6.kslahn pd roda gigi,sudu2 turbin,daaun bling2/kavitasi.
ªJnis pngujian air ktel:
1.Phenolphthalain”P”alkalinity test.
2.total”T” alkality test.
3.chorida test.
4.Phospate test.
5.Conductifity tst.
6Corrosion inhibator test.
7.codensate corrosion inhibator
ªtanda injektor tk baik& prbaikanya:
1.Tanda2nya:
a.mlihat asap;putih,hitam,kbiruan.
b.mendengar suara msin:pncang,gtar
c.tmperatur gas buang:tinggi(spring kndor),rendah(lubang nozzle buntu)
2.Prbaikanya:
a.Injektor dilepas.
b.nozzle tip dilepas&dbersihkan.
c.jrum nozzle dilepas&dbrsihkan,dilapping/skir ujungny dg rumahnya.
d.Nozzle tip&body dbrsihkan&dpasang.
e.test injektor dg injektor pressure test.
f.jk OK,psang kmbli
ªTanda2 klep bocor&prbaikanya:
1.tanda:
a.trdapat krbon&mnyak di inlet manifold(inlet V/V)
b.tmpratur gas buang tnggi.
c.trdapat carbon&jelaga di udra bilas.
d.tkanan kluar di exh manifold.
e.Gas buang hitam di crobong.
f.ptran tk normal.
2.Prbaikanya:
a.Cyl head diangkat/dileps.
b.Spidle ktup dilepas&kerak2 dbersihkan.
c.Cek kteblan&lubang pd v/v seat&v/vspidle(tk standar ganti)
d.V/v dskir dg lapping paste
e.cek kratan katup dg bri pnsildi tmpat yg disekir&masukan&putar.jk kena semua brati OK.
e.psang kmbli v/v ke cyl head
f.psang ccyl head kmbli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar