MANAJEMEN PRAWATN
MESIN KAPAL
ªMnajmen prawtan:cra pngturn
prawtn/pmelihran kpl dg baik&tratur.
ªPmlihaan normal:prwatn ssuai
prosdur&tratur/brkla
ªPmlihaan tk nrmal:prwatn yg tk ssuai
prosdur&tk tratur/brkla.
ªPmlihaan korektif:prwtan yg dlakukan
mnurut pmantauan lngsung thdp kndisi&prlengkpn.
ªPmlihaan korektif:prawtan yg mmbiarkn
mndkati krusakn ttp da tindkan krena prtmbangn evaluasi biaya.
ªpmlihaan brsyarat:prawtan krena utk
mndpatkn surat2 kpl ttap laik laut.
ªTnggung jwb prwatan:kwjiban mgenai
jngka wktu prwatan yg akan dlakukan scrs periodik mngenai hal2 yg ka dikerjkan.
ªOrganisasi:struktur/bgian2 dr suatu
pmbagian tgas&tnggung jwb dlm pekerjaan pnggalangan.
ªProgram
krja&pngturanya:bntuk kgiatan yg dlakukkn guna mbrikn pdoman arahan krja yg
kn dilkukan shingga pkerjaan dlakukan dgn trarah.
ªPdoman&pmbukuan:kgiatan
mgrnai prhitungn,pncatatn&lporanbiaya yg tlah dikluarkan.
ªpmlihaan
brencana:pmlihaan yg drencakn ssuai jdwal wktu,jm krja yng tlah dtntukn oleh
pmbuar msin(maker) brdsrkn hsil mnitoring,investigasi,inspeksi,ditunjang sku
cdng yg ckup.
ªpmlihran
insidentil:pmliharan/prbaikn yg dlaksnakan jk sudah trjdi krusakn pd suatu
msin/pswt dn hrus sgra dtanggulangi.
ªMnajemen
prawtan&prbaikn brtumpu pdprencaan:mlakukan pnjadwalan utk stiap pkrjaan yg
akn dlaksnkn.
ªPlksaan
pncacatn&plaporan:stiap prencaan krja dicacat dlm bku rencana krja.ditulis
jnis pkrjaan,tgl dikrjakn,lmanya,jmlah pkrja dll&dlaporkn ke prusahan.
ªanalisa/ksimpulan:prtimbangan
stiap prencaan krja trhdap biaya,ksiapan,kslamtan.
ªPrusan playaran:
•bdan
usha/bisnis yg mndpt profil
•scra
ekonomis hrs mpu munjang kbutuhanya sndri.
•bisnis
utama adlh industri jasa.
•mlibatkan
srana angkutn laut.
•tingkat
spesialisasiny tnggi.
•sgat
trgntung pd jnis pnglaman/ilmu trtntu.
•investasi
brnilai tinggi bgi stiap orng yg trlibat.
ªtjuan prawtan:
1.Mncgah
trjadinya krusakn.
2.Mperkcil
biaya oprasional
3.mningkatkn
kslamatan awk kpl,pralatn&muatn
4.agar
pngoprasian lncar.
ªfungsi dl mnajemen:
1.plaining:mnentukn
srangkaian tndakn utk mcpai suatu hsil yg diinginkn.
2.orgaanising:pngelompkn
yg diperlukn ykni pnetpan susunan orgnisasi srta tgsa,fungsi&kdudkn dri
stiap unit yg da dlm orgnisasi.
3.actuaating:kgiatan
yg prlu dlakukn oleh bwahan utk mlakukan kgiatan2 dlm broganisasi.
4.Controling:mgadkn
pnilaian,koresi shigga kgiatan dlaksnakn trarah utk mncapai tujuan.
ªPrisip dasar pkerjaan
pmeliharan:
1.kntrol
brkala pralatan&msin2 utk mndukung msin bkerja scra optimal&mmperkecil
trjadinya krusakan
2.mnjaga
kndisi/psawat agar efesian biayanya.
ªPrtimbangan dsar prawtan:
1.kwjiban2
pmilik kpl yg brkaitan dgn kslamtn&klayakn laut kpl.
2.Mjga
modal dg cra mperpanjng umur ekonomis kpl&knaikn nilai kpl bkasnya.
3.Mnjag
pnampilan kpl shingga srana pngangkutn muatn dg mningatkn
kmampuan&efesiensi.
4.Memlihara
efesensi dg mmprhatikn pngeluaran2 operasi.
5.Pngaturan2
lingkungan thdp Abk& kmampuanya.
ªHal2 yg dpertimbangkn dlm
mlaksakan prawtan:
1.wktu
pkerjaan:brlyar/plabuhan
2.pnempatan
pkrja pd kahlian msing2
3.pngecekn
sku cdang sblum pmbongkran.
4.Jmlah
orang yg bkerja dlm pkrjaan.
5.syap
msin2/pswat hrs mpunyai bku jm kerja utk
mghindri ksalahan kterlmbatan O/H
ªKuntungan sstim prawtan
prencana:
1.mperkcil
krusakn&bban krja dri pkerjaan.
2.utk
mperoleh pngoprasian kpl yg trtur&mningkatkn kslamatn awk kpl
&praturanya.
3.Utk
mbantu prwira kp mrencakan &mnentukn kgiatan yg lbih brati. Mningkatkn kmampuan kpl
&mbantu mreka utk mncapai tujuan yg tlah dtentukan manajer oprasional.
4.utk
mbri informasi yg dipelukan utk kperluan pndidkan&platihan.
5.utk
mperhtikan jnis2 pkerjaan y pling mhal &wktu oprasional yg pling pnting.
6.utk
karsipan gmbar,instruksi mterial dsb
7.utk
fsilitas pmbrian lbel (sku cdang dsb)
8.utk
prencanan fsilitas prawtn&prbaikan.
ªPngaruh prawtan apabila:
1.Prusahan
tk mlaksankan perncakan prawtan:
a.tk
tercpai pngoprasian kpl yg trtur&pningkatan kslamatan awk kpl&pralatan
akan sgat mpengaruhi system administrasinya.
b.mnyulitkn
prwira kpl dlm mrencnakn&mnata kgiatan dg baik.
c.Pkerjaan
tk dpat dlaksaan scra sistematis7ekonomis.
c.tk
dpt mnjamin ksinambungan pkerjaan prawtan.
2.prusaan
makai biaya optimum cost utk prawatan:biaya yg dgunakan dpt mgalami kkurangan
krena bukan dri biay anggran ttap.
3.Prusahaan
mmakai prencanaan yg brlebihan (exes planing) utk prwtan:
a.prushaan
dpt mngalami krugian yg tdk trduga dri prencanaan yg brlebihan.
b.pkerjaan
kpl tk akan trlaksana dgn smpurna.
ªakibat kwalitas prawtan
yg bruk:
1.wktu
oprasional mnurun.
2.lmanya
wktu oprasional mnurun&akan trgntung dri trsedianya sku cadang&jsa
pnunjang.
ªPntingnya pmantauan
kndisi utk prencanaan prawtan:
1.mmungkinkan
tndkan sgrera utk mncegah krusakan.
2.dpt
mnunjukan problem kcil sblum trjadi krusakan.
3,mgurangi
pkerjaan prawtn yg tk prlu&kharusan utk mbongkar scra periodik.
ªsistim prwatan home
doctor;prawtan&prbaikn dlakukn oleh tehnisi dr drat,tk efesien&byak
biaya.digunakan sat phak kpl tdk mpu/msin kusus hrs dr drat.
ªsistem klompok SFI
umum:sistim pnomeran kde kearsifikasi dlm mbuat anggran blanja,prhitungan biaya
oprasi kpl&instruksi2 yg dibrikn apa yg hrs dilakukan pd wktu
prawtan&perbaikan,sku cdang yg dipasng srta lporan teknisi&ekonomi dpt
dibri kode mnurut sistem yg ada.
ªKeuntungan mnggunakn
kmputer utk mnumjang PMS:
1.pnyiapan&akses
informasi utk mdah dcaapai.
2.analisa
kinerja fungsi&pngontrolan kndisi dpt dsusun scra luas.
3.prcetakan
prmintaan scr atomatis.
4.dpt
dikmbangkan hingga progam prawtan trbaru7mliputi bidang ngontolan rawtan lain
spt sku cdang,docking angran,prbndinan dll.
ªTSAR:
Dkmbangkn
oleh lmbga pnelitian prkpalan norwegia brsma industri prkpalan.TSAR:Yime
registring Systematik vedlike hold arkivering and reservedeler ;cttan krja
sitematik prawtan,karsipn &sstim sku cdang.ni dkenalkn&digunakn pd indusstri prkalan&lpas pntai sjk 1971.
ªUpya utk pnghematan biaya
bb.
1.mrawat
instalsi msin di kpl shg pngoprasian msin dpt brfungsi dg efesien&eknomis.
2.mgganti
pralatn yg tk brfungsi dg baik&mgikuti sistim jam krja pd stiap pralatan.
3.mnjaga
pngoprasin msin bntu ssuai kbutuhn lstrik di atas kpl.
4.pmeriksan
brkala sbuah msin pngrak.
5.mjga
pemukan baling2 ttap mlus shigga pitch propeler ttp nrmal.
6.khlusn
bdan kpl trutma di bwah gris air hrs ttp trjaga&dperthankn.
ªupya mminimalkn biaya
prawtan&prbaikn.
1.smua
pnluarn proses pngedockn kpl hrs dlaporkn kemanager armada.
2.biaya
hrs dkontrol scra periodik.
3.mgunakn
biaya lkwiditas anggran hrs mncerninkn wkru yg tpat bla biaya2
dsetujui&bukn pd wktu biaya dbyarkn.
4.mndata
sgla kbutuhn sat prwatan&praikn/pngedockn,mgeluarkn biaya ssuai prsetujuan
pmpinan prusahan.
5.mbuat
tnda trima/lporan pngeluaran ssuai knyatan yng myangkut sgla pngeluarn slam
prawtan.
ªhbunga biaya dg prbain
oleh orang kpl:biaya lbih efesien&rlafih bsa murah krena prusahn&phak
orang kpl negosiasi biaya yg tk trikat oleh praturan.jk dg orang drat biaya
mgikuti atrurn yg brlaku.prushan tk bisa ngosiasi lbih jauh.
ªbdang jsa yg dprlukn
prusahn playaran:
1.bdang
jsa ansuransi.
2.bdang
jsa prbaikn&klsifikasi.
ªYg dprhtikn KKM sblum
myusun prawatn&prbaikn kpl:
1.Btas
jm krja dr stiap msi/bgian2nya yg dproleh dr bku mnual msing2 msin/alat.
2.drtar
survey yg sdh disusun oleh BK.
3.cattan
pkrjan prawtn/prbaikn yg dlakukn sblumnya.
4.cattn
hsil pmantauan/pngamatn slma dnas jga.
5.instruksi
dr kntor pusat/prusahn&BK.
ªTgas&tnggung jwab:
1.Manager
armada:mmlihara agar kpl laik laut&klengkn awk kpl&siap brlyar/mnerima
muatn&myediakn anggran blan ja utk pmelihaan&prawtwn.
2.Nakhoda:mnjamin
klaiklautan kpl,mnjga muatn di kpl&mnjamin prwatan yg dpt dlaksakn ssuai dg
rncana&anggran blanja.
3.KKM:mnjaga
klancarn oprasional msin2 diatas kpl,thdap crew msin dprtement&mlaporkn
semua kgiatan crew msin di KM/sat bkerja diatas deck kprusahan jk dprlukn.
4.Supertendent:
a.mngawsi&mgendalikn
prawatan,prbaikn,docking&pngendalian biayanya.
b.Mmantau
msa brlakunya srtifikat,srtifikat klass,statutory&mgatur agar kpl slalu
mmnuhi prsyartan tsb.
c.Mlayani
srvyor dr klass,inspektur pmerintah&indepndent srveyor.
d.mgatur
tender utk docking&prencna/pyelengraan docking dg pjbat glangan.
5.Divisi
nautik:brtmggung jwab pd smua kgiatan yg brhbungan dg bgian deckdprtement yg
dpt dtruskn ke prusahan.
6.Divisi
teknik:brtnggung jwag pd smua kgiatan yg brhubungan dg bgian engine
dpartmenttruyma pd pnggrak utama&pswat bntu yg dpt ditruskn ke prusahan.
7.manjement
aset:pd utk pmblian/pngontrak kpl7dpt mnjual kpl ke psran tgan ke-2/myerhkan
ini kpd mnajer armada sbage carter kpl ksong.
8.mnajer
armada:mgmbil dri mnajer aset/phak luar brdsarkn suatu kpl ksong&akan
mlengkapi kpl iyu dg Abk srta prlengkapanya agr siap laut.
9.Mnajer
oprasi:myewa kpl brdsasrkn crter mnrut wktu dr mnajer armada/brdasarkn suatu
crter yg cocok mnrut psrn trbuka.
ªTngkatan
ktrmplan/pngetahuan sseorang ahli msin kpl:
1.mmnuhi
prsyartan utk mmproleh srtifkat sbg ahli msin kpl yg brtnggung jwab.
2.Tlah
myeslekn pndidikn&platihn yg tlah dsetujui&mmnuhi standaar kmptensi yg
trcntum dlm section A-III/3 kde SCTW
3.Mngetahui
sstim kmuniksi intrnal datas kpl.
ªCra pmesann sku cdang(2
cra):
1.prmintan
dkrim prusahn dg prosedur mgisi frmulir prmintan/psnan pmblian yg dbuat oleh
nakhoda/KKM/mualim 1 dlm slinan 4 rngkap:
•asli
ke pmasok.
•slnan
ke prusahn
•slinan
ke kpl yg dsimpan smentra di file”sdng dipsan”ssudah mnerima sku cdang slnan
ini dikrim kprushan.
•slnan
arsip kpl.
2.tlegrap/tlex
prushan.frmulir psnan/pmblian akn diisi oleh prushan.jk sku cdaang sdah
dipake&mncapai titik psana,sgra disiapkn prmintaan nmor kode&mnor sku
cdang,jmlahnya.
ªPngwasan sku cdang hal
pnyimpann,pnggunan&plaporn:
1.tmpat
pnyimpann dpt dlihat scra ksluruhn dg baik.
2.Mdah
utk pngambilan&pnyimpanan.
3.Stiap
pngambilan sku cdang hrs dicatat di form pnggunan sku cdang.
4.Stp
sku cdang yg bru/pmakaian yg dignti hr dilaporkn ke KKm utk lporan ke kntor utk
adminisrtasi mtrial.
ªBagian utama yg mggunakn
filling kbinet sku cdang mnual:
1.filling
kbinet dg laci2.
2.brmcam2
krtu uyk dta teknis/krtu pmakaian,krtu2 psanan pnerima.
3.lbel
utk mnandai sku cdang.
4.Code2
utk mnadai sku cdang yg akan dipesan.
ªSbab prmintaan sku cdang
tdk trpenuhi:
1.sku
cdang mhalshg KKm hrs bnar2 mperhyungkn jnis&jmlah sku cdang yg diminta.
2.Utk
mghemat biaya oprasional,sgigga bnyak kuntungan&mgefesienkan sku cdang.
ªPola pmeriksann mnrut
aturn BK :
1.jnis2
pmeriksaan di kpl:
a.pmriksan
awal/innitial srvey:dlakukan prtma kli kpl sdang dbangun.
b.pmriksaan
bulanan.
c.pmriksan
thunan/annual srvey:dlakukn tiap thun pd kpl&prlengkanya.
d.pmriksan
mdadak.
e.pmrisaan
brkala/priodic survey:tiap 30 blan.
f.riksan
brklanjutan /cntious srvey.
g.spsial
srvey:hbis prbaikn bsar/docking.
h.Isidental
survey:hbis kclakan/pngatian kpl/prmsinanya/prubahn nma kpl.
2.Mcam2
pmriksan utk optimal krja msin;
a.pmrisan
min bearing,crnk ping bearing,permuan cam shaf&cros head bearing,
b.dflektion
crank shaf msin.
c.pmriksan
pston,pston ring,pston rod,conneting rod,pston pin,pston pin bearing,stufing
box&screpper ring,lner.
d.pngambilan
diagram indiktor P max.
e.pmriksan
T/C.
f.prikssan
cyl head&asesorisnya.
3.pmriksan
brjalan:ckup mnsrvey sjmlah kmponen bla sistim pmliharan tlah dstujui BK,mk
srvey umum thunan dpt dkurangi njdi:
•survey
umum KM.
•Pngujian
fungsi2 yg pnting(survey EO yg dsesuekn)
•pngecekn
prosdur lporan dlm sistim prawatan brencana.
ªSyarat prpnjangaan
spesial priodik survey:
1.Dftar
smua sistem/kmponen yg trmsuk dlm rncana.
2.jangka
wktu prawatn trtentu.
3.Instruksi2
prawatan.
4.ctatan
prawatn yg tlah dlaksnakn.
5.Dta
acuan dri kpl sbge kpl bru.
ªbriro
klasifikasi(BK):suatu bdan yg brfungsi utk mnsurvey,mngelaskn kpl2,mbri lmbung
tmbu7ngeluarkn srtifikat2nya.
ªNma2 BK:
1.lloyd
Register of Shipping/LR/london
2.Bureau
Verietas/BV/paris
3.Germanisher
Lloyd/GL/hamburg,jerman
4.Det
Norske Verietas/DNV/oslo,norwegia
5.Registro
Italiano Navale/RI/roma
6.Nippon
Taikako Kaiji Kyokai/NKK/tokyo
7.American
Bureau of Shipping/ABS/new york
8.Registro
Argentino/RA/buines aires
9.The
Register of United Soviet Soscialist replublic/moskwa
ªknvensi IMO yg brkatan
oprasional kpl:
1.SOLAS
74/78/81/83:kslamatn
2.Marpol
73/78:pncemaran
3.SCTW
78/95/02:pngawkan
ªDokumen2 utk claim
ansuransi
1.Note
of fact&dketahui notaris
2.Statement
of fact/brita acra kjadian &krusakan yg brisi tmpat,tngl,wktu,jnis krusakn,tndakn yg tlah
dlakukan.dtndatangani M I/KKM,dkethui Nakoda.
3.LKK(lporam\n
kclakan kpl):dbuat M 1?KKM,dketahui nakhoda,dsyahkan syah bndar .
4.foto
kopi BHM,BHK,bku olah grak kpl.
ªMadsud&tujuan
Docking:
1.mngetahui
kndisi teknis knstruksi bngunan dbwah air
2.mrawat
kpl agar ttap laik laut.
3.Mbersihkn
tmbuhan laut yg mnempel dbadan kpl agr kcepatn kpl tk mnurun.
4.mperpanjang
usia pkai kpal.
5.mmenuhi
ktentuan&praturn ttg kbersihn kpl diadakn pngedokan/ktentuan pmerintah/BK
ªYg dsuplay st pngedockan:
1.Listrik
2.Air
pndingi condensor refrigrator&AC
3.sluran
teleon
4.air
pmadam kbakran.
5.steam
ke sistem AC pd musim dngin.
ªPrtimbangan2 mmlih
glangan docking:
1.mslah
hrga/cost
2.lma
wktu pngrjaan.
3.Kwalitas
pnwaran.
4.Kndisi
pmbayaran
6.bnyaknya
spesifikasi yg dimasukn dlm pnawran.
7.Bnyaknya
jnis fasilitas yg dibrikan&knsrkuensinya trhdap biaya.
8.Bgemanakah
konsekensi wktu akibat pnyediaan fasilitas tsb.
9.Apakah
biaya&wktu yg dtawrkan wjar ssuai bban kerja&kpasitas galangan.
ªPhak2 utama yg trlibat st
kpl akan msuk glangan yaitu gneral mangeer yg mmbawahi:
1.Bgian
teknik,dsain prancang&oprasional.
2.Bgian
ekonomi,pngumpuln sewa unsur biaya.
3.bgian
pngawkan,myediakn tnaga krja&statik.
ATAU:
1.prusahan
plyaran:mnajer armada&pngawas.
2.phak
kpl:nakoda,KKM.mualim.
3.phak
glangan:pra prencana,mnager prawtan,para pnghitung biaya.
ªAntisipasi&hal yg
trjadi jk pmbuatan spesifikasi tdk baik:
1.Spesifikasi:Dsar
kntrak prbaikan kpl antr pmilik kpl dg glangan yg mliputi wktu&biaya.
2.hal
yg terjadi jk pmbuatan spesifikasi tk baik: ktrlambatan wktu&pmbahsan biay2
antra lain;
•Bgi
pmlik kpl akan mnimbulkn biaya yg lbih tinggi dri prkiraan smula&wktu akan
lbih lma di glangan.
•Bgi
glangan akan mngakibatkan pmbatlan pkrjan2 lain yg tlah distujui,mrubah jadwal
pmbangunan kpl bru.
ªIsi tender
docking&reparasi spesifikasi mliputi:
1.Genaral
particuar
2.General
condition
3.General
service
4.harga
standar
5.
Uraian pekerjaan yg akn di kerjakan:
a.
penawaran/kontrak kerja
b.
Membuat jadwal/pengembangan
kerja
c.
Pembelian
d.Premanu
facture
e.Pembuat
tagihan/invoice
ª Langkah2 utama urutan
Pengedokan:
1.persiapan
oleh perusahaan pelayaran:
a.Membuat
proposal kepihak galangan kapal
b.
Membuat MOU antar perusahaan kapal dan pihak galangan
c.
Catatan tertulis spesifikasi terakhir dalam program perbaikan dan galangan
kapal
d.
Pengawas datang ke kapal sebelum doking
e.Menyiapkan
team work
2.
Persiapan dikapal:
a.Pembagian
tugas yg akan dilaksanakan oleh perwira yg bertanggung jawab untk melaksakan
pekarjaan
b.Merencanakan
kegiatan dikapal slama doking termasuk sistem penjagaan
c.Mempersiapkan
daftar sertipikat yg akan di perbarui
d.Mempersiapkan/memperhatikan
pekerjaan2 yg akn dibatalkan
e.Pralatan
dan perlengkapan khusus harus diperhatikan dan di uji
f.Pengecekan
suku cadang yg akan dipakai slama doking dan bila tdk cukup sgera mungkin di
order ke perusahaan
g.Gambar2
dan intruksi kerja kerja harus tersedia
h.Memberikan
tanda pada stiap komponen yg akan dikerjakan oleh pihak galangan
i.Membersihkan
dan membebaskan dari gas dan membongkar jika perlu
j.Menyimpan
semua barang yg berharga dan Tool pada
ruang yg terkunci
3.
Kegiatan diatas kapal saat memasuki galangan dan stelah diatas galangan:
a.Disaat
air laut galangan mulai di pompa maka mesin2 bantu dikamr mesin dan msin
kemudi,AE dimatikan
b.Menyambung
aliran listrik dri galangan ke kapal, sebelum ON 2nd E mencatat
angka yg tertera dimeteran listri galangan
c.Menyambung
aliran air pendingin ke mesin provision refrigrator dan AC
d.Shore
connection untuk line fire fighting slama digalangan
4.
Kegiatan diatas kapal saat akan turun dari galangan:
a.Melepaskan
semua selang yg tersambung dari galangan ke kapal
b.Menutup
smua kran2 di K.M
c.Saat
galangan penuh air,kran low seachest dibuka pelan2,kran2 hisap dan outlet
dipompa2 air laut dibuka dan diserat disemua pompa2 dan filter seachast
d.Pompa2
S.W di star,smua kru dan pihak galangn priksa kebocoran di line pipa
e.Jika
oke genator engine distart, shore connection di off dan swich board di on
f.Catat
meteran aliran listrik dari kapal saat di off
ª Persiapan2 sebelum kapal
tiba digalangan:
1.Persiapan
diatas kapal:
a.Menbuat
rencana kerja yg akan dilaksanakan
b.Membuat
rencana pembagian tugas bagi perwira
c.Memeriksa
smua suku cadang dan tidak tersedia untuk yg akn dikerjakan segera di order
d.Memberi
tanda stiap komponen yg akan dikerjakan
e.Menyimpan
pralatan dan barang berharga pada tempat terkunci
f.Mempersiapkan
daftar sertifikat yg akan diperpanjang
g.Uji
pralatan khusus yg akan dipakai di galangan
h.Membuat
rencana cuti ABK yg tdak dibutuhkan tenaganya
2.Persiapan
digalangan
a.Menyusun
sesuai panjang dan lebar kapal,balok dilantai galangan tempat duduk diatasnya
b.Menenggelamkan
flooating dock/mengisi air penuh dan buka pintu dry dock
c.Diadakan
rapat dikantor galangan antara wakil prusahaan dan pihak galangn untuk
mendikusikan proyeknya
d.Juga
peertemuan wakil peusahaan dan B.K yg akan memeriksa dan memperpanjang
sertifikatnya
ª Pemeriksaan mingguan
terkait keelamatan,kesehatan,lingkungan hidup:
1.yng
berlaitan keselamatan :
a.Latihan
skoci buat penolong(boat drill)
b.Latihan
pemadam kebakaran(fire drill)
c.Latihan
menolong orang jatuh kelaut(man over board)
d.Latihan
kemudi darurat
e.Latihan
pengoperasian CO2 sistem kepalka dan E.R
2. yang berkaitan dgn kesehatan:
a.Kebersihan
dapur
b. Kebersihan ruang makan
c.Kebersihan
provision room, store kering, dan waktu expaidnya
d.Kebersihan
km tidur dan gang2
e.Kebersihan
kmr mandi dan WC
3.Yang
berkaitan dgn lingkungn hidup
a.Pengetesan
incenerator
b.Pengetesan
OWS
c.Memeriksaan
sewage treatment unit
ª Pgetau& tunu akbat2
kslahan normal dlm hbungan frekuensi gtran msin mrupakan pnentuan asal gtran:
1.ktidaksimbangan
ptran bagian2 msin akn mnimbulkan gtran
radial pd frekuensi yg =ptran.
2.pmasngan
koupling yg tdk lrus mnimbulkan gtran radialaksial pd frekuensi yg=ptran/dg
hsil prkalian putran.
3.Top
lher(bent journal)yg bngkok mnimbulkn gtran radial&aksial pd frekuensi
yg=putran msin.
4.kslan
rol&bntalan pluru(ball bearing)mnimbulkn gtrn radial&aksial tk trtur
akibat frekuensi tingi.
5.Gtran
dpt diukur shingga hsil prpindahn amplitudo dlm mcron.
6.kslahn
pd roda gigi,sudu2 turbin,daaun bling2/kavitasi.
ªJnis pngujian air ktel:
1.Phenolphthalain”P”alkalinity
test.
2.total”T”
alkality test.
3.chorida
test.
4.Phospate
test.
5.Conductifity
tst.
6Corrosion
inhibator test.
7.codensate
corrosion inhibator
ªtanda injektor tk
baik& prbaikanya:
1.Tanda2nya:
a.mlihat
asap;putih,hitam,kbiruan.
b.mendengar
suara msin:pncang,gtar
c.tmperatur
gas buang:tinggi(spring kndor),rendah(lubang nozzle buntu)
2.Prbaikanya:
a.Injektor
dilepas.
b.nozzle
tip dilepas&dbersihkan.
c.jrum
nozzle dilepas&dbrsihkan,dilapping/skir ujungny dg rumahnya.
d.Nozzle
tip&body dbrsihkan&dpasang.
e.test
injektor dg injektor pressure test.
f.jk
OK,psang kmbli
ªTanda2 klep
bocor&prbaikanya:
1.tanda:
a.trdapat
krbon&mnyak di inlet manifold(inlet V/V)
b.tmpratur
gas buang tnggi.
c.trdapat
carbon&jelaga di udra bilas.
d.tkanan
kluar di exh manifold.
e.Gas
buang hitam di crobong.
f.ptran
tk normal.
2.Prbaikanya:
a.Cyl
head diangkat/dileps.
b.Spidle
ktup dilepas&kerak2 dbersihkan.
c.Cek
kteblan&lubang pd v/v seat&v/vspidle(tk standar ganti)
d.V/v
dskir dg lapping paste
e.cek
kratan katup dg bri pnsildi tmpat yg disekir&masukan&putar.jk kena
semua brati OK.
e.psang
kmbli v/v ke cyl head
f.psang
ccyl head kmbli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar